Wisata Sejarah di DI Yogyakarta (2 dari 2)

Oleh Tri Agus Yogawasista

Monumen Ngejaman Keben Kraton

Monumen Ngejaman Keben

Monumen Ngejaman Keben terletak di Jl. Rotowijayan, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Yogyakarta dan berada dalam satu kompleks dengan Masjid Rotowijayan. Dahulu monumen Ngejaman Keben berada di halaman Sri Manganti sisi timur.

Ngejaman Keben merupakan salah satu bukti keharmonisan hidup yang telah dijalin oleh masyarakat Tionghoa, pegawai Gubermen, dan Keraton Yogyakarta. Monumen yang terdiri atas dua bagian berupa prasasti dan jam ini, juga sekaligus menjadi penanda semangat kebersamaan antar masyarakat multikultural yang ada di Yogyakarta. Keberagaman multietnis yang hidup berdampingan di Yogyakarta telah mendapat peneguhan dari Keraton pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII.

Sumber: kebudayaan

Kawasan BCB Jetis Yogyakarta

Kawasan Jetis sebagai Kawasan Bangunan Cagar Budaya (BCB) adalah pengembangan kawasan pemukiman penduduk dan kantor pemerintahan yang dibangun setelah kawasan Bintaran (dibangun pada abad 19) dan sebelum kawasan Kota Baru (tahun 1925 atau abad 20).

Kawasan Kotabaru Yogyakarta

Kawasan Kotabaru Yogyakarta (https://travel.detik.com)

Kawasan Kotabaru sebuah kelurahan terletak di Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan salah satu kawasan permukiman peninggalan kolonial Belanda di Yogyakarta, dikembangkan seperti menerapkan konsep Garden City atau Tuinstaad, dan telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya.

UPT Balai Yasa Yogyakarta

UPT Balai Yasa Yogyakarta terletak di Jl. Kusbini Yogyakarta. Bangunan Balai Yasa Yogyakarta merupakan bangunan berarsitektur indis. Balai Yasa Yogyakarta didirikan pada zaman Belanda tepatnya pada tahun 1914, yang dibangun dan dimiliki oleh Nederland Indische Spoorweg Maatschapij (NIS) dan bernama Centraal Werkplaats (bengkel pusat). Setelah kemerdekaan, perkeretaapian di Indonesia menjadi milik pemerintah Republik Indonesia.

Kawasan Pengok Gondokusuman Yogyakarta

Kawasan atau Kampung Pengok terletak di kelurahan Demangan, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta, D. I. Yogyakarta. Pada kampung ini terdapat empat buah RW (Rukun Warga) yang masing-masih terdiri dari empat RT (Rukun Tetangga), sehingga memiliki total 16 RT.

Sejak awal pembangunan Balai Yasa Pengok pada tahun 1914, kawasan ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas salah satunya berupa kawasan rumah dinas atau rumah negara bagi para pegawainya.

Stasiun Lempuyangan Danurejan Yogyakarta

Stasiun ini diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Peresmian stasiun ini sekaligus menandakan masuknya kereta api pertama kali di kota Yogyakarta. Hal tersebut menunjukkan bahwa Stasiun Lempuyangan adalah stasiun kereta api yang paling tua di kota Yogyakarta. Stasiun ini pertama berdiri di Yogyakarta, baru 15 tahun kemudian diresmikan Stasiun Tugu.

Gedung PT. Taru Martani Gondokusuman Yogyakarta

Gedung PT. Taru Martani terletak di Jl. Kolonel Bambang Suprapto No. 2, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, didirikan pada tahun 1918.

Kawasan Baciro Gondokusuman Yogyakarta

Nama Batjiro diketahui pertama kali digunakan secara resmi pada tahun 1868 di masa kekuasaan Sultan Hamengku Buwono VI (19 Agustus 1821 – 20 Juli 1877), merujuk pada kompleks hunian bernama Villawijk Batjiro.

Hotel Phoenix Jetis Yogyakarta

Hotel ini dulunya merupakan bangunan rumah tempat tinggal Kwik Djoen Eng yang dibangun pada tahun 1918. Ia bersama saudaranya pertama kali mendirikan usahanya di Solo pada Juli 1894 dengan nama NV Kwik Hoo Tong Handel Maatschappij, yang bergerak dalam bidang ekspor impor teh dan gula. Sekitar tahun 1920, perusahaan dagang Kwik bersaudara ini, kantor pusatnya dipindahkan ke Semarang sampai mengalami kebangkrutan pada tahun 1932 karena resesi ekonomi.

Kawasan Bintaran Mergangsan Yogyakarta

Kawasan Bintaran terletak di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta 55151. Komunitas Belanda di Yogyakarta berkembang pesat sejak masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana VII (tahun 1877- 1921). Hal tersebut berkaitan erat dengan tumbuh dan berkembangnya perkebunan tebu, berbagai jenis pabrik, perbankan, asuransi, perhotelan dan pendidikan.

Bangunan Kantor Odmil (Oditoriat Militer)

Bangunan Kantor Odmil mempunyai riwayat yang tidak jauh berbeda dengan bangunan – bangunan lainnya di wilayah Bintaran. Keberadaan bangunan tersebut dahulu merupakan salah satu fasilitas perumahan bagi opsir – opsir Belanda, yang dibangun pada awal abad ke-20. Adanya bangunan tersebut secara politis pihak VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) Belanda melakukan pengawasan – pengawasan dan untuk menjaga kepentingannya dari ancaman pihak Puro Pakualaman.

Kabupaten Sleman

Wisma Gadjah Mada

Wisma Gadjah Mada

Wisma Gadjah Mada terletak di Jalan Wrekso, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan ini bergaya rumah adat Minangkabau. Dindingnya terbuat dari bata yang dikombinasikan dengan batu kali. Pintu dan jendela terbuat dari kayu dan kaca yang lebar. Atapnya berupa sirap (kayu) lengkap dengan bagonjong-nya.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1917. Difungsikan sebagai  tempat peristirahatan. Pada 1958, bangunan ini dibeli oleh Universitas Gadjah Mada dari orang Belanda. Pada 12 Januari 1985, wisma ini dipugar dan diresmikan oleh Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. T. Jacob.

Sumber: kebudayaan

Kantor Komando Rayon Militer 10 Berbah

Kantor Komando Rayon Militer 10 Berbah terletak di Jalan Tanjungtirto, Teguhan, Kalitirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1923, di atas tanah  milik Sultan Ground.

Rumah Sakit Jiwa Grhsia

Rumah Sakit Jiwa Grhsia ini didirikan  pada 1938 dan dikenal sebagai Rumah Perawatan atau Koloni Orang Sakit Jiwa (KOSJ) Lali Jiwo Pakem di bawah pengawasan Rumah Sakit Jiwa Pusat Kramat Magelang, sehingga KOSJ Lali Jiwo lebih dikenal dengan sebutan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lali Jiwo Pakem. Dalam perkembangannya KOSJ Lali Jiwo tidak hanya sebagai rumah perawatan saja akan tetapi sebagai tempat pengobatan di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

SMP Negeri 1 Berbah

Bangunan SMP N 1 Berbah terletak di Jalan Tanjungtirto, Teguhan, Kalitirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda. Bangunan ini dahulunya digunakan sebagai rumah dinas seorang Sinder atau Mandor Tebu.

Bekas Kantor Kecamatan Berbah

Bangunan ini terletak di Sanggrahan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan ini merupakan bekas kantor kecamatan yang lama, sebelum pindah menempati kantor yang baru di bagian belakangnya. Bangunan menghadap utara, terdiri atas bangunan induk dan paviliun. Bangunan ini memiliki ukuran panjang 31,94 m dan 12,52 m.

Kantor Polsek Berbah

Kantor Polsek Berbah terletak di Jalan Tanjungtirto, Teguhan, Kalitirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada awalnya, Kantor Polsek Berbah merupakan salah satu  rumah dinas Sinder atau Kepala Bagian Pabrik Gula Tanjungtirto (Suiker Fabrieek Tandjong Tirto). Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini kosong dan tidak ada yang menempati sampai tahun 1957.

Pesanggrahan Taman Siswa

Pesanggrahan Taman Siswa terletak di Jalan Wrekso, Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Bangunan bergaya indis, berdinding bata dikombinasikan dengan batu kali pada bagian bawah. Pintu dan jendela terbuat dari kayu dan kaca yang lebar. Di bangunan sebelah barat terdapat cerobong asap.  Pesanggrahan ini pernah ditempati Ki Hadjar Dewantara sebagai rumah peristirahatan. Bangunan ini sekarang milik Yayasan Taman Siswa.

Ke halaman pertama

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Wisata Dipowinatan Yogyakarta

Sat Jul 27 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Jalan atau Gang sempit inilah letak Kampung Wisata Dipowinatan Yogyakarta (panduanwisata.com) Kampung Dipowinatan tidak jauh dari pusat kota kurang lebih hanya 1 km dari Malioboro dan 700 m dari titik nol. Secara administrasi kampung Dipowinatan masuk kelurahan Keparakan, kecamatan Mergangsan, kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Titik […]