Wisata Belanja di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

Kain Pantai

Kabupaten Sukoharjo juga mempunyai nama sebutan (julukan) yang cukup terkenal, antara lain: Kota Makmur, Kota Tekstil, Kota Gamelan, The House of Souvenir, Kota Gadis (perdagangan, pendidikan, industri, dan bisnis), Kabupaten Jamu, Kabupaten Pramuka, serta Kabupaten Batik.

Pasar Tradisional

Masyarakat Sukoharjo kini bisa berbelanja di 11 pasar tradisional tanpa harus keluar rumah. Sebelas pasar tradisional itu menerapkan layanan program belanja online dengan menggandeng aplikasi Grab.
Ke-11 pasar tradisional itu adalah Pasar Kartasura, Pasar Nguter, Pasar Tawangsari, Pasar Telukan di Kecamatan Grogol, Pasar Grogol, Pasar Daleman di Kecamatan Baki, Pasar Gawok Kecamatan Gatak.

Kerajinan Fashion

Sentra Pengrajin Batik Kedunggudel

Batik Kedunggudel (https://sukoharjonews.com)

Terletak di Kampung Kedunggudel, Kelurahan Kenep, Kecamatan Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo. Kampung tersebut sekitar 8 kilometer ke arah selatan dari pusat pemerintahan Kabupaten Sukoharjo. Saat ini, ada 11 perajin batik di Kampung Kedunggudel. Meski memiliki merek sendiri-sendiri, secara luas produk batiknya disebut “Batik Kedunggudel”. Selain itu ada juga merek “Sendang Mulyo” dan lainnya.

Sentra Pengrajin Batik Bekonang

Batik Bekonang (https://joss.co.id)

Terletak di Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, selama ini dikenal menjadi sentra batik tulis di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sentra Pengrajin Batik Limbah Grajen

Terletak di Desa Bulakan, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kondisi lingkungan pengrajin yang terdapat banyak limbah grajen (serbuk kayu) menyebabkan para pengrajin berinisiatif untuk memanfaatkan limbah grajen tersebut menjadi pewarna alam.

Pemanfaatan limbah grajen menjadi pewarna alam yang digunakan untuk pembuatan batik kreasi baru di Sukoharjo adalah pewarna alam yang ramah lingkungan sehingga mengurangi tingkat pencemaran pewarna sintetis (down to earth) sebab pewarna alam yang dihasilkan dari limbah grajen mampu diserap oleh alam, dan menggurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar para pembatik.

Sentra Pengrajin Tenun Ikat Sarung Goyor

Kain tenun Sarung Goyor di Desa Pojok (http://bustomi-af.blogspot.com)

Tepatnya di Desa Kenteng, Desa Pojok, Kelurahan Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo ini sangat terkenal sekali akan kerajinan tenun ikatnya, yang dimana kerajinan tenun ikat ini divisualisasikan tidak hanya berupa kain dan selendang tetapi dibuat dalam bentuk sarung yang disebut dengan sarung goyor.

Sentra Pengrajin Tenun Setagen

Dapat menghasilkan kain setagen sepanjang 40 meter (http://tepianindonesia.com)

Dukuh Blimbing, Desa Luwang, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo dikenal sebagai pengrajin tenun setagen. Sedikitnya 15 pengrajin yang menekuni pemintalan kain tenun setagen ini.

Baca juga : Tenun Lurik Sukoharjo Jawa Tengah

Sentra Pengrajin Kain Pantai

Kain Pantai

Terletak di Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Jawa Tengah. Produksi kain pantai juga dikirim ke Brazil, Argentina, Malaysia, Filipina, dan China. Untuk nasional, dikirim ke pasar Tanah Abang Jakarta dan Bali.

Kerajinan Musik

Pengrajin Biola Dwi Nugroho

Dwi Nugroho, dipanggil akrabnya Idud, workshop Sentana Art, kawasan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, tak jauh dari Pasar Grogol. Bengkel Biola di rumah keluarganya di kawasan Danukusuman serta di Benowo dan Kentingan, ketiganya di Solo.

Pengrajin Biola Andri

Andri Bengkel Biola (https://www.youtube.com)

Andri Bengkel Biola, Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
Ponsel: 082221638457 / 081391793897

Sentra industri gitar

Industri gitar (https://surakartadaily.com)

Terletak di Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, setidaknya terdapat 100 kepala keluarga yang menjadi perajin gitar. Di antara mereka bahkan sudah menurunkan keahlian membuat gitar kepada anak-anaknya.

Sentra Industri Gamelan

Gamelan Wirun (https://indonesiakaya.com)

Terletak di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Letaknya hanya satu kilometer di sebelah timur Kota Solo.

Aneka Kerajinan Lainnya

Sentra Kerajinan Rotan

Kerajinan rotan (https://www.solopos.com)

Terletak di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Mayoritas order kerajinan rotan di Gatak, Sukoharjo, berasal dari luar negeri seperti Singapura, Italia, Belanda hingga Argentina.

Sentra Kerajinan bambu

Kerajinan bambu (http://pundungrejo-sukoharjo.desa.id)

Terletak di Desa Pundungrejo Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, seperti miniatur becak, tempat tisu, keranjang dan lain-lain.

Sentral Pembuatan Jamu Tradisional

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Demak Jawa Tengah

Fri Apr 16 , 2021
Zem Silver Demak yang terkenal dengan sebutan kota “wali” merupakan daerah tujuan wisata religius dimana terdapat Masjid Agung Demak peninggalan salah satu wali yaitu Sunan Kalijaga yang menjadi cikal bakal berdirinya kerajaan Islam. Yuk kita telusuri potensi produk unggulan kerajinan yang ada di Kabupaten Demak bersama. Kerajinan Fashion Sentra Pengrajin […]