Wisata Belanja di Kabupaten Pati Jawa Tengah

Batik Bakaran Pati

Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Pati, kota kecil di bagian timur Jawa Tengah ini. Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang jaraknya kurang lebih 80 km dari Kota Semarang. Dapat ditempuh dalam 2 jam dengan naik kendaraan umum atau pribadi.

Kerajinan Fashion

Sentra Kerajinan Batik Pesantenan Pati

Batik Pesantenan Pati (https://www.facebook.com)

Terletak di Desa Mojomulyo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati Jawa Tengah, ternyata mulai berkembang dengan ciri khasnya sendiri.

Sentra Kerajinan Batik Bakaran Pati

Batik Bakaran Pati (https://www.javatravel.net)

Terletak di Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selain motifnya yang unik, juga dilihat dari segi warna mempunyai ciri tersendiri, yaitu warna hitam dan coklat yang mendominasi batik bakaran. Unsur corak atau motif beraliran pada corak motif batik tengahan dan pesisir.

Aneka Kerajinan

Sentra Kerajinan Kulit

Sepatu Forist Sewaduk (https://betanews.id)

Terletak di Desa Sewaduk, RT 04 RW 03, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berdiri sejak 2010, Forist menjadi salah satu sentra produksi sepatu lokal yang memunyai mempunyai kualitas bagus. Dibuat secara manual menggunakan tangan, produk sepatu Forist sangat memperhatikan detail sepatunya. kepada betanews.id, Rustini bersedia membagi cerita tentang rumah produksi sepatu miliknya.

Sentra Kerajinan Kuningan

Produk Desa Kerajinan Kuningan Growong (https://tic.patikab.go.id))

Terletak di Desa Growong Lor, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Growong Lor, Desa pelosok dipinggiran Kota Juwana memiliki 74 pengusaha kerajinan kuningan, sehingga ia menjadi tempat yang paling banyak industri kerajinan kuningannya di bandingkan dengan desa-desa lainnya di Juwana.
Pusat industri kerajinan kuningan Juwana mulanya pada zaman itu terkonsentrasikan di Desa Pajeksan kemudian bergeser ke Desa Kudukeras dan menemukan puncak kejayaan kerajinan kuningannya di Desa Growong Lor.

Sentra Kerajinan Anyaman Bambu

Terletak di Desa Pulorejo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang hampir semua penduduknya berprofesi sebagai perajin bambu. Desa yang mempunyai penduduk sekitar 2600 jiwa ini setiap harinya bertumpu dari kerajinan bambu. Setiap hari warga bergelut dengan membuat berbagai kerajinan untuk di kirim ke berbagai daerah.

Pengrajin Batok Kelapa

Lukisan batok kepala oleh Ibu Ratna Septi Anggrahenie (http://www.sekitarpantura.com)

Ibu Ratna Septi Anggrahenie (48), Seniman Batok Kelapa Dari Pati, beliau adalah Warga Desa Winong, RT 21 RW 1, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Karya seni bernilai tinggi hasil karyanya diantaranya adalah relief, balpoin, lampu, gelas, tas, hiasan, potret, aneka souvenir dan sebagainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tari Badui Sleman DI Yogyakarta

Mon Apr 19 , 2021
Tari Badui Sleman (https://budayajogjakarta.wordpress.com) Tari Badui termasuk dalam tarian folklasik atau tari rakyat yang berasal dari Kabupaten Sleman, yogyakarta. Tari Badui merupakan tari religi, konon dibawa oleh seseorang dari Arab. Setelah mengalami modifikasi dan diselaraskan dengan tradisi dan kebudayaan yogyakarta, maka dikenal Tari Badui ini sebagai tari rakyat Sleman. Tari […]