Wisata Belanja di Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Lurik Klaten

Di Kabupaten Klaten, ada 50.000 UKM dengan 11 kluster pembagi. Kluster itu meliputi mebel, lereng Merapi, minapolitan, handicraft, konveksi, batik, lurik, logam, makanan olahan, keramik, dan wisata,” ungkap Bambang Sigit Sinugroho, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Pemerintah Kabupaten Klaten.

Kerajinan Fashion

Sentra pengrajin Batik

Batik Bayat Klaten (https://www.semarangpos.com)

Terletak di Desa Banyuripan, Jarum, Kebon, dan Beluk yang disingkat Banjarkeluk, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Batik Klaten (Bayat)

Sentra Pengrajin Lurik

Lurik Klaten (https://twitter.com)

Keberadaan lurik tersebar di beberapa kecamatan antara lain Pedan, Cawas, Bayat, Delanggu, Juwiring dan Karangdawa, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Kain Tenun Lurik Klaten

Kerajinan Payung Hias

Si embah sedang menunggu dagangannya (https://www.idntimes.com)

Kerajinan payung hias disebut juga Kerajinan payung Juwiring terletak di Dukuh Gumantar, Dusun Tanjung, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Pada awal pembuatannya, payung Juwiring berbahan kertas, seringkali berwarna gelap, seperti cokelat, hitam, dan merah marun. Saat itu, orang memilih payung plastik karena bahannya yang awet dan warna yang beragam serta harganya yang relatif murah.

Aneka Kerajinan

Kerajinan kipas, dompet, dan suvenir-suvenir lainnya
Desa Keprabon, Desa Wangen dan Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Produk Kipas Batik (https://www.fokusjateng.com)

Dulunya masyarakat hanya membuat kipas saja, tetapi kerajinan ini dibuat dari tanduk kerbau dan sapi, sekarang mereka juga memproduksi dompet, tas, suvenir gantung kunci hingga undangan pernikahan dari kipas. Yang lebih menarik karena motif-motif yang digunakan adalah motif batik Jawa Tengah.

Kerajinan Kayu

Sentra Kerajinan Wayang Klitik
Dukuh Butuh, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Wayang Klitik Klaten (https://www.antarafoto.com)

Sama seperti Wayang Golek, wayang Klithik juga terbuat dari kayu. Bedanya, wayang klithik tidak berbentuk tiga dimensi, melainkan berbentuk pipih seperti wayang kulit. Untuk membuat Wayang Klithik, pengrajin menggunakan kayu sengon karena sangat empuk dan mudah diukir.

Sentra Kerajinan Akar Bambu
Terletak di desa Jambu Kulon, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, produk dari kerajinan bambu yang paling diminati yaitu Bebek Akar Bambu.

Bebek dari Akar Bambu (http://kalpika91.blogspot.com)

Sentra Kerajinan Tembikar
Terletak di Dusun Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Provinsi Jawa Tengah.

Sedang membuat tembikar (http://www.siklimis.com)

Teknik pembuatan tembikar dengan roda putar yang mereka gunakan tidak datar (horisontal), melainkan dimiringkan beberapa derajat ke depan sehingga teknik pembuatannya disebut teknik putaran miring.

Roda putarannya miring (https://kumparan.com)

Teknik ini digunakan dikarenakan dahulu banyak pengrajin gerabah berasal dari kaum perempuan, dimana perempuan jaman dahulu masih memakai pakaian adat jawa yaitu dengan menggunakan kebaya dan kain jarik. Untuk menjaga kesopanan, para perempuan ini menggunakan teknik putaran miring yang mengharuskan mereka duduk miring. Dengan posisi miring seperti itu, mereka menjaga etika kesopanan dengan tidak membuka paha ketika bekerja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah

Thu Dec 17 , 2020
Kerajinan Topeng Kabupaten Wonogiri memiliki komoditas unggulan daerah yang beragam dan sangat potensial untuk dikembangkan, apabila dikelola dengan baik, akan mampu memberikan kehidupan yang lebih baik bagi para pelakunya. Kerajinan Fashion Batik Wonogiri Batik Wonogiri (https://bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com) Sentra produksi batik Wonogiri berada di Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, di […]