Wisata Belanja di Kabupaten Jepara Jawa Tengah

Kain tenun Troso

Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia R.A. Kartini.

Kerajinan Fashion

Sentra Kerajinan Batik Jepara

Batik Jepara (http://www.yogrosir.com)

Terletak di Desa Slagi, Kecamatan Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kerajinan Batik Jepara yang dikenal juga Batik Kartini, memiliki motif disesuaikan dengan motif yang dikreasikan oleh Pahlawan Nasional, Raden Ajeng Kartini.

Baca juga: Batik Jepara

Sentra Kerajinan Tenun Troso

Produk Kerajinan Tenun Troso (https://toko-tenun-troso-jepara.business.site)

Terletak di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Di Desa inilah tempat komunitas pengrajin tenun ikat troso berada. Kerajinan tenun ini tumbuh dan berkembang sejak jaman Belanda dan terus dilestarikankan dari satu generasi ke generasi selanjutnya, yang saat ini sudah pada generasi yang kelima.

Kerajinan Kayu

Sentra Kerajinan Ukiran Kayu (Relief) dan Mebel Senenan

Kerajinan Ukiran Kayu (Relief) dan Mebel Senenan (http://tic.jepara.go.id)

Terletak di Dukuh Krajan, Desa Senenan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Desa Senenan merupakan salah satu desa yang semua warga di Desa Senenan membuat seni relief kayu dan mebel ukir.

Aneka Kerajinan

Sentra Kerajinan Monel

Sentra Kerajinan Monel (http://umkmjepara.blogspot.com)

Terletak di Desa Kriyan, kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar 18 km sebelah selatan Jepara dari arah Kudus.

Monel merupakan logam sejenis besi yang di tempat lain orang biasa menyebutnya baja putih. Keunikan logam ini antara lain tidak berkarat, karena itu cocok digunakan untuk aksesori tubuh. Segala macam aksesori, mulai dari kalung, gelang, cincin, anting, ikat pinggang hingga alat untuk kerokan.

Sentra Kerajinan Gerabah

Terletak Desa Mayong Lor, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, selain dikenal sebagai kota kelahiran RA. Kartini juga sebagai pusat keramik / gerabah. Produk yang dihasilkan meliputi guci, terakota, souvenir pernikahan, celengan anak, peralatan dapur, permainan anak, dan maih banyak lagi. Produk gerabah dari mayong sudah menjangkau wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan sudah diekspor ke Turki, Perancis, dan Malaysia.

Kerajinan simping atau Cangkang Kerang

1. Bpk. Gupomo, yang beralamat di Gang Kauman Lor, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, produksinya berupa ursi, lampion, lampu hias, tempat lilin, dan lain sebagainya.

Hasil pengrajin Bpk. Gupomo (http://tic.jepara.go.id)

2. Bp. Rois Ul Umam, Desa Bungo, Kecamatan Wedung. Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, produknya berupa beraneka ragam, mulai gantungan kunci, pigura, hiasan lampu, kotak tisu, dan aksesoris lainnya.

Hasil karya pengrajin Bp. Rois Ul Umam (https://jatengprov.go.id)

Sentra Kerajinan anyaman rotan dan bambu

Kerajinan Rotan Jepara (https://www.kerajinanfurniturerotan.com)

Terletak di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pengembangan kerajinan rotan tak hanya menggunakan bahan rotan asli, namun juga menggunakan bahan rotan sintesis. Lebih menarik lagi, kerajinan rotan dan bambu ini bisa dipadukan dengan bahan baku lainnya misalnya seperti furniture, hiasan interior, perkakas, dan souvenir. Kerajinan rotan dan Bambu dari Jepara memiliki kualitas yang tinggi sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Selain itu juga, untuk desain, bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Sentra Kerajinan Mainan Anak

Sentra Kerajinan Mainan Anak (http://tic.jepara.go.id)

Terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Welahan, Jepara, Jawa Tengah. Hampir semua warga desa berprofesi sebagai pengrajin mainan tradisional anak, seperti kitiran dan hewan-hewanan yang bisa berjalan jika dilepaskan talinya.

Produk Sentra Kerajinan Mainan Anak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Sat Apr 17 , 2021
Gebyok Ukir Kudus Kudus dikenal sebagai kota penghasil rokok (kretek) terbesar di Jawa Tengah dan juga dikenal sebagai kota santri. Kota ini adalah pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam wali/sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Kerajinan Fashion Sentra […]