Wisata Belanja di Garut Jawa Barat

1

Kabupaten Garut, merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, letaknya tidak jauh dari Bandung, sekitar 60-an km atau 1 sd 1,5 jam perjalanan. Kota Garut dikelilingi oleh gunung gunung sehingga panoramanya sangat indah dan udaranya sejuk. Garut mengklaim sebagai “Swiss van Java”. Kabupaten yang satu ini kini sedang berbenah diri menjadi satu kabupaten dimana pariwisata menjadi moda unggulannya. Berbagai macam objek wisata menarik, kini tengah dikembangkan pemerintah Kabupaten. Garut yang menjadi tujuan pariwisata turis lokal maupun mancanegara.

1. Sentra Pengrajin Kulit Sukaregang

Sentra Pengrajin Kulit Sukaregang Garut (https://nationalgeographic.co.id)

Sepanjang Jalan Ahmad Yani Sukaregang Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut. Jika Anda tertarik dengan jaket kulit ini, datang saja ke sentra kerajinan jaket kulit Garut, di Sukaregang. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Garut. Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Ini bisa dilihat dari banyaknya produk jaket kulit Garut yang diekspor ke luar negeri. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.

2. Sentra Akar Wangi (Zocha)

Akar Wangi Garut (https://uniknya.com)

Terletak di Jalan Pakuwon No 1 Garut. Garut adalah salah satu penghasil minyak akar wangi terbaik di dunia, selain dijadikan sebagai pengikat parfum, Kerajinan berbahan akar wangi dalam wujud hiasan dinding dan meja, taplak meja, vas bunga, tempat lilin, sajadah, dekorasi dan produk kreatif lainnya merupakan oleh-oleh yang cantik untuk dijadikan oleh-oleh. Keistimewaan kerajinan Akar Wangi ini adalah selain berfungsi sebagai hiasan juga dapat menjadi pengharum yang menyegarkan ruangan. Konon rumput Akar Wangi ini sudah dikenal sejak lama dipergunakan untuk pewangi batik, maupun pengharum lemari penyimpan pakaian atau benda-benda pusaka seperti keris.

3. Batik Garutan dan Sutera Alam

Batik Garutan (https://gpswisataindonesia.info)

Lokasi: Garut Kota Merupakan batik paling terkenal kedua di Jawa Barat setelah batik Cirebon. Dengan ciri khas motif yang bercorak cerah dan masih handmade dalam proses pembuatannya. Saat ini batik Garutan banyak digemari dan dipakai oleh masyarakat Indonesia, khususnya kawula muda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Sidoarjo Jawa Timur

Mon Apr 7 , 2014
Kampoeng Batik Jetis, Sidoarjo, Jawa Timur (https://nurul9913.blogspot.com) Sahabat GPS Wisata Indonesia dari Garut menuju ke Jawa Timur, ke kota yang dikenal dengan “Musibah Lumpurnya” atau Lumpur Lapindo yaitu Sidoarjo, merupakan Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Mempunyai potensi wisata belanja yang menakjubkan, khususnya industri Batik Sidoarjo, dimana hanya batik tulisnya diproduksi […]