Wisata Belanja di Bengkulu

1

Kota Bengkulu adalah ibu kota dari provinsi Bengkulu yang merupakan salah satu provinsi pecahan dari sumatera bagian selatan, juga terkenal akan habitat Bunga Rafflesia.

Sahabat GWI Indonesia Banget, Yuk kita telusuri bersama wisata belanja yang ada di Bengkulu.

Pasar Minggu

Pasar minggu terletak di jalan KZ Abidin, berlantai dua, lantai bawah terdapat penjual kain, gorden, dan beberapa tokoh keperluan rumah tangga, pernak pernik hingga kosmetik. Sedangkan lantai dua, pakaian, sepatu dan tas.

Pasar Barukoto

Pasar tradisional Barukoto Kota Bengkulu (https://bengkuluekspress.com)

Pasar Barukoto terbagi dua. Barukoto I yang merupakan sentra penjualan pakaian dan kuliner. Sedangkan Pasar Barukoto II yang terletak di Kampung Cina Kota Bengkulu yang merupakan sentra Pasar Subuh yang pindahan dari Pasar Minggu.

Pasar Panorama

Pasar tradisional Panorama Kota Bengkulu (https://harianrakyatbengkulu.com)

Pasar Panorama terletak kelurahan Panorama Kota Bengkulu. Pasar ini cukup luas dan lebih nampak sebagai pasar tradisional. Pedagang berjualan memenuhi areal pasar dengan lapak-lapak dan kios-kios sederhana. Secara umum pedagang di pasar ini menjual kebutuhan dapur seperti buah-buahan, beras, sayuran, bumbu, cabe, bawang, ikan, daging sapi dan ayam. Di tengah pasar terdapat bangunan  yang menjual pakaian dan elektronik.

Pengrajin Kulit Kayu Lantung (Artocarpus altilis)

Produk Tas wanita dari Kulit Lantung (https://www.kerajinan.id)

Pengrajin ini terletak di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu, pohon lantung (Artocarpus altilis), sejenis pohon bergetah yang merupakan salah satu pohon endemik yang ada di hutan kawasan selatan Sumatera, termasuk Bengkulu.

Produk Tas wanita dari Kulit Lantung (https://www.kerajinan.id)

Kulit kayu lantung yang dijadikan berbagai produk ramah lingkungan sangat mudah diterima, termasuk pasar internasional. Hasil kayu lantung ini bisa menghasilkan Sepatu dan souvenir-souvenir lucu, seperti tas, topi, tempat tisu, gantungan kunci serta pernak pernik lainnya,

Askara Art gallery
Jl .Salak raya blok 1 no 102, Lingkar timur, Bengkulu
Telp.: 0736 248 75
Kontak: Ibu Tentrem Sri Minarsih

Pengrajin Sepatu Batang Pisang

Produk Sepatu wanita dari Batang Pisang (https://www.kerajinan.id)

Pengrajin ini terletak di Desa Harapan Makmur, kecamatan Pondok Kubang, Kota Bengkulu.

Pisang adalah buah khas tropis yang dapat ditemukan dalam jumlah melimpah di bumi nusantara ini. Dengan buahnya yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan, kini bahkan batangnya pun telah di kreasikan menjadi bentuk kerajinan sepatu batang pisang yang menjadi komoditas ekspor ke ukraina dan tiongkok.

Berawal dari melimpahnya pohon pisang di pekarangan masyarakat yang pada awalnya di gunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti gantungan kunci, tempat tisu dan sebagainya. Barulah pada medio 2012 mulai di buat sepatu batang pisang atas saran dari pemprov Bengkulu.

Bahan baku yang di gunakan tergolong susah untuk di dapatkan. Sebab, tidak saja membutuhkan batang pisang yang bisa di dapat dengan mudah di daerah sekitar, namun untuk bahan baku seperti lem, insol, high heels, cat, dan pengkilap harus pesan di Pulau Jawa.

Lukisan 3 Demensi dari Sampah Kertas

Amir Hendi dengan lukisan 3 demensi (https://www.kerajinan.id)

Lukisan 3 Demensi dari Sampah Kertas dikreasikan oleh Amir Hendi, warga Desa Irigasi Permu, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, memang kreatif. Ia mampu memanfaatkan sampah kertas menjadi produk berdaya guna dan bernilai jual. Ya, lukisan 3 dimensi dari sampah kertas.

Beragam lukisan 3 demensi (https://www.kerajinan.id)

Awalnya, Amir resah dengan sampah kertas yang sering berserakan di sekitar rumah. Selain merusak pemandangan, sampah kertas juga menimbulkan rasa kurang nyaman. Menyikapi kondisi ini, Amir coba mengumpulkan dan membuangnya ke tempat sampah. Perlahan, ia berpikir untuk memanfaatkan sampah kertas tersebut agar memiliki nilai tambah. “Sayang kalau hanya dibuang. Seakan,tidak ada manfaatnya sama sekali,” terangnya kepada Mongabay Indonesia, Sabtu (27/2/2016).Amir pun teringat dengan pengalaman membuat peta dari bubur kertas sewaktu menjadi guru di SMPN 1 Kepahiang. Bermodal pengalaman itu, Amir coba memanfaatkan sampah kertas itu untuk membuat lukisan 3 dimensi dari sampah kertas menjadi bunga.

Sentra untuk belanja Cindramata

Tempat belanja Cindramata (https://travel.detik.com)

Terletak di Kawasan Anggut Atas, Jl. Soekarno Hatta, Kota Bengkulu.

Kalau mau suvenir, ada aneka pajangan dan kerajinan tangan bertema bunga Rafflesia. Mulai dari asbak, sampai tas. Ada juga aneka T Shirt bertema Bengkulu. Toko oleh-oleh ini juga menjual kain tenun dan batik Bengkulu, yaitu Kain Basurek yang bermotif Rafflesia.

Anyaman Bambu

Rumah produksi anyaman dari bambu di Desa Kandang, Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang, Propinsi Bengkulu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Pandeglang Banten

Sat Aug 5 , 2017
Kabupaten Pandeglang dengan ibukotanya Pandeglang, Propinsi Banten, wilayahnya juga mencakup Pulau Panaitan (di sebelah barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil. Semenanjung Ujung Kulon merupakan ujung paling barat Pulau Jawa, di mana terdapat suaka margasatwa tempat perlindungan hewan badak […]