Wali Kota Risma Ingin Bangun ‘Universal Studio’

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat mendaftarkan diri sebagai tamu di gedung KPK, Jakarta (20/1). Dalam keterangannya Tri Rismaharini akan melaporkan sejumlah masalah KBS kepada KPK. TEMPO/Dhemas Reviyanto

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tak pernah kehabisan ide untuk mengembangkan geliat pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya. Saat ada kunjungan dari Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake, dia mengungkapkan keinginannya untuk membangun semacam Universal Studio di Kota Pahlawan ini.

“Akan sangat bagus seandainya di sini dibangun Universal Studio. Respon masyarakat pasti sangat positif,” katanya, di Balai Kota, Senin, 10 Februari 2014.

Keinginannya tersebut sehubungan dengan predikat Surabaya sebagai kota jasa dan perdagangan. Risma berharap alur investasi nantinya juga lebih banyak diarahkan pada sektor itu. Menurut dia, kini kota Surabaya mulai menjadi rujukan wisatawan domestik maupun mancanegara. Angka kunjungan selalu meningkat dua kali lipat per tahun sejak 2010.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya sewaktu menerima Robert Blake, Duta Besar Amerika di Balai Kota Surabaya (https://suarasurabaya.net)

Hal tersebut mendapat tanggapan positif oleh Robert Blake. Selanjutnya, Robert mengisyaratkan kerja sama yang terjalin tidak hanya berkutat antar pemerintah saja. Memang, saat ini Surabaya sudah menjalin hubungan sister city dengan Seattle, AS, sejak tahun 1992. Robert berharap kerja sama antar negara tersebut dapat diperluas mencakup sektor-sektor lainnya hingga pada skala people to people (antar pribadi).

Robert menilai Surabaya sebagai kota yang dinamis dan tertata dengan sangat baik. Kondisi tersebut, menurut dia, sangat berpotensi menarik minat investor dari luar negeri. “Reputasi dan prestasi Surabaya di bawah pimpinan Wali Kota Tri Rismaharini sudah terdengar sampai Amerika. Saya melihat banyak terobosan dan tata kelola pemerintahannya juga baik sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,” ujar Robert.

Dalam pertemuan sekitar satu jam itu, Risma didampingi oleh Sekretaris Kota Hendro Gunawan, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Adapun Duta Besar Amerika, Robert Blake didampingi oleh Konsul Jenderal Amerika Joaquin Monserrate.

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kunjungan Wisman 2014 Ditarget 9,3 Juta Orang

Tue Feb 11 , 2014
Wisman di Gua Liang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2014 mencapai 9,3 juta sampai dengan 9,5 juta orang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan target tersebut optimis tercapai dengan melihat trend kenaikan pada tahun lalu yang tumbuh 9,42 persen. […]