UPT Balai Yasa Gondokusuman Yogyakarta

Balai Yasa Yogyakarta tampak depan (https://heritage.kai.id)

UPT Balai Yasa Yogyakarta terletak di Jl. Kusbini No.1, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55222. Balai Yasa Merupakan sebuah tempat untuk perawatan sarana perkeretaapian unutk Dua Tahunan atau Semi Perawatan Akhir (SPA); Perawatan Empat Tahunan atau Perawatan Akhir (PA); dan Rehabilitasi atau Modifikasi. Balai Yasa ini adalah salah satu pusat perawatan sarana perkeretaapian terbesar di ASEAN dengan luas bangunan 43.700 m2 (4.37 Ha), luas tanah 128.800 m2 (12.88 Ha) dan menggunakan daya listrik dari PLN sebesar 1.100 KVA.

Sejarah

Balai Yasa jaman kolonial Belanda (https://www.wikiwand.com)

Balai Yasa merupakan bangunan berarsitektur indis. Balai Yasa Yogyakarta didirikan pada zaman Belanda tepatnya pada tahun 1914, yang dibangun dan dimiliki oleh Nederland Indische Spoorweg Maatschapij (NIS) dan bernama Centraal Werkplaats (bengkel pusat). Setelah kemerdekaan, perkeretaapian di Indonesia menjadi milik pemerintah Republik Indonesia.

Balai Yasa jaman kolonial Belanda (https://www.wikiwand.com)

Balai Yasa dahulu bernama Balai Karya, keduanya berarti bengkel. Sejak 6 Juni 1959, fungsi Balai Yasa Yogyakarta berubah dari bengkel serba guna  menjadi bengkel lokomotif hingga sekarang yang ditandai peresmiannya oleh Direktur Jenderal Kepala Jawatan Kereta Api, Ir. Efendi Saleh. Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya dengan Per.Men Budpar RI No. PM.89/PW.007/MKP/2011.

Secara garis besar tugas pokok Balai Yasa Pengok adalah :

  1. Merencanakan dan melaksanakan program pemeliharaan serta perbaikan lokomotif, baik Pemeliharaan Akhir (PA), Semi Pemeliharaan Ahir (SPA), perbaikan/rehabilitasi (PB/RH), maupun modifikasi (MOD)
  2. Menjamin kualitas hasil pemeliharaan dan perbaikan lok
  3. Melayani perbaikan kerusakan lok dari Dipo dan mempertahankan lok yang siap operasi di lintas
  4. Pemeliharaan fasilitas kerja
  5. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta melaporkan realisasi anggaran pemeliharaan dan perbaikan
  6. Melaksanakan hasil rekayasa teknik lokomotif
  7. Pendayagunaan SDM dan Umum.

Sumber: kebudayaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Gedung PT. Taru Martani Gondokusuman Yogyakarta

Sat Feb 20 , 2021
PT. Taru Martani (https://correcto.id) Gedung PT. Taru Martani terletak di Jl. Kolonel Bambang Suprapto No. 2, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, didirikan pada tahun 1918. Sejarah Pada awalnya pabrik ini terletak di daerah Bulu,  Jalan Magelang dengan nama N.V. Negresco. Pada tahun 1921 pabrik ini dipindahkan ke […]