Turis Asing Mulai Berdatangan di Ternate untuk Saksikan GMT

4340e-2236456tari-salai-jin780x390 Tara Salai Jin, salah satu tarian yang ditampilkan pada acara opening ceremonial Ternate Solar Eclipse, Minggu (6/3/2016)

Hingga Senin (7/3/2016) sore tadi, tercatat sudah 924 wisatawan mancanegara yang tiba di Ternate, Maluku Utara, dalam rangka menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Data yang dihimpun Kompas.com di media center, dari 924 wisatawan mancanegara tersebut masih didominasi turis dari negara-negara Eropa, di antaranya Spanyol dan Inggris.

“Data yang kami himpun hingga pukul 18.00 WIT hari ini, sudah sekitar 924 turis mancanegara yang ada,” kata Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kota Ternate, Sutopo Abdullah.

Sutupo juga memastikan kedatangan puluhan kapal layar atau ke Ternate, hanya saja hingga kini belum mendapatkan konfirmasi kapan mereka akan tiba di Ternate.

Dua turis mancanegara yang menyaksikan opening ceremonial Ternate solar eclipse, Minggu (6/3/2016) malam(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)

Dua turis mancanegara yang menyaksikan opening ceremonial Ternate solar eclipse, Minggu (6/3/2016) malam “Kapalnya sudah berlayar dari Jakarta, Bali, Lombok, dan Raja Ampat menuju Ternate,” kata Sutopo lagi.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan GMT Tauhid Soleman menambahkan ada penerbangan tambahan pesawat yang membawa turis mancanegara dari Bali langsung Ternate. Sebanyak 124 wisatawan asal Inggris tersebut tiba pagi tadi di Bandara Babullah Ternate.

“Ada sekitar 2.139 turis yang akan datang menyaksikan gerhana matahari total dan sebagian dari mereka sudah ada di Kabupaten Halmahera Timur,” kata Tauhid.

“Tujuan kegiatan ini ada dua hal, pertama membangkitkan atau mempromosikan wisata di Ternate dan Maluku Utara pada umumnya serta kedua memperkenalkan produk hasil kerajinan kecil dan menengah di Maluku Utara pada umumnya,” tambahnya.

Sumber: Kompas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sepur Klutuk Jaladara tidak beroperasi

Tue Mar 8 , 2016
Kereta kuno “Sepur Klutuk Jaladara” melintas di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jateng. Saat ini kereta tersebut sementara tidak beroperasi karena sedang menjalani perawatan (https://tentangsolo.web.id). Kereta api uap atau sepur klutuk Jaladara yang biasa melayani wisatawan rute Stasiun Purwosari-Stasiun Kota Solo untuk sementara ini tidak beroperasi karena sedang menjalani perawatan. Perawatan […]