Tips Nyaman Mudik Naik Mobil

Mudik naik mobil jadi pilihan banyak traveler. Tapi kadang memang butuh waktu lama untuk tiba di tujuan, apalagi jika macet. Agar perjalanan nyaman, simak dulu 6 tips ini.

Lebaran sebentar lagi, musim mudik pun telah tiba. Traveler yang ingin berlibur di kampung halaman pun mudik dengan berbagai pilihan moda transportasi. Ada yang naik pesawat, kereta, motor, kapal ferry ataupun mobil pribadi.

Buat yang naik mobil biasanya tak lepas dari momok kemacetan yang terjadi setiap musim mudik. Supaya selama perjalanan mudik bisa nyaman dan tak mudah bosan, ada tips yang bisa dicoba. Disusun detikTravel, Minggu (3/7/2016), berikut 6 tips nyaman mudik naik mobil:

1. Periksa keadaan mobil dan Siapkan kotak P3K

Sebelum berangkat ke kampung halaman, ada baiknya untuk memeriksa kondisi mobil yang akan digunakan. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari ban, oli hingga aki. Tak ada salahnya untuk membawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk benar-benar diperiksa kesiapannya, supaya mengurangi kemungkinan hal yang tak menyenangkan selama perjalanan. Serta persiapkan kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di mobil anda.

2. Kenali jalur alternatif dan aktifkan GPS

Cobalah cari informasi terkini mengenai jalur yang akan traveler lalui. Di mana saja titik-titik kemacetannya dan apakah ada jalur alternatif yang bisa dilewati. Jangan lupa aktifkan GPS dan manfaatkan aplikasi penunjuk jalan yang ada di ponsel.

3. Cukup istirahat sebelum berangkat

Perjalanan jauh telah menanti dan untuk menyetir tentunya butuh kondisi tubuh yang prima. Paling tidak, sehari sebelum mudik istirahatlah yang cukup. Bagi yang berpuasa jangan lupa juga untuk makan sahur yang cukup.

4. Bawa uang tunai secukupnya

Membawa uang tunai secukupnya termasuk penting. Selama di perjalanan banyak kebutuhan yang belum tentu bisa dibayar dengan kartu kredit atau debit. Seperti bayar toilet umum dan membeli minuman serta makanan dari pedagang asongan atau warung pinggir jalan. Pecahan uang kecil juga bakalan berguna untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.

5. Sedia makanan, camilan dan minuman

Membawa makanan, minuman dan camilan (https://www.otoblitzclassic.com)

Traveler banyak yang tetap puasa selama perjalanan mudik jarak jauh, tapi ada pula yang mengambil keringanan sebagai musafir dan tidak berpuasa. Tentunya membawa makanan, minuman, camilan serta vitamin jangan sampai terlupa. Bagi yang berpuasa juga sebaiknya tetap menyiapkan bekal siapa tahu masih terjebak macet dan tak bisa mampir ke restoran saat waktu berbuka tiba.

6. Tak lupa membawa perlengkapan untuk hiburan

Agar tak bosan selama di jalan, siapkan playlist lagu-lagu favorit untuk diputar di mobil. Kalau mudik beramai-ramai, gadget, buku, serta permainan sederhana yang bisa dimainkan di dalam mobil juga sebaiknya jangan ketinggalan.

Sumber: Traveldetik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

4 Tips Wisata Offroad

Sun Mar 5 , 2017
Wisata offroad di jalanan berbatu sekitar perkebunan teh di Bogor begitu seru dan menantang. Sebelum menjajal langsung offroad di sana, simak dulu tips berikut. Royal Safari Garden di Bogor tak lama lagi akan menyediakan pilihan aktivitas liburan baru, yaitu offroad seru di sekitar perkebunan teh di Puncak. Jika nantinya berminat […]