Tenun Jambi

fc292-songket2bjambi-2 (https://www.skyscrapercity.com)

Berbicara mengenai tenun di Provinsi Jambi sebenarnya sangat menarik karena kekayaan dan keberagaman di setiap kota dan kabupatennya. Kain tenun Jambi ini lebih dikenal dengan istilah ‘kain atau tenun songket’. Tenun songket adalah tenun dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan, yaitu dengan menyisipkan benang perak, emas, tembaga atau benang warna diatas benang lungsi. Penempatannya tergantung dari corak yang diinginkan, ada kalanya penuh dengan berbagai ragam hias, atau beberapa bagian kain saja dan kadangkala dipadu dengan teknik ikat. Pernyebaran kain songket ke setiap daerah di wilayah Jambi memunculkan motif dan corak khas tersendiri. Kemudian hal tersebut menjadi cerminan asal daerah budaya pendukungnya.

Songket Jambi

dd7df-songket2bjambi-1 (https://www.skyscrapercity.com)

Dilihat dari sejarahnya, penyebaran tenun pertama kali di Provinsi Jambi adalah di daerah kota Jambi. Daerah itu dahulunya dikenal dengan nama Dhamasraya yang terletak di hulu sungai Batang Hari. Kemudian berkembang dan menyebar ke berbagai daerah, termasuk ke Sumatera Barat. Tenun mengalami pergeseran dalam hal motif dan ragam hiasnyas setelah beradaptasi dengan lingkungan alam dan sosial budaya masyarakat di daerah persebarannya.

Kegiatan menenun pada masa lalu merupakan suatu kegiatan umum yang dilakukan oleh anak gadis di daerah Jambi. Anak-anak gadis tidak diperbolehkan atau dibiarkan bermain di luar rumah. Oleh karena itu, mereka diajari dan diberi tugas merajut (menenun) agar berada di dalam rumah.

Songket Jambi

f18a4-songket2bjambi-3 (https://www.skyscrapercity.com)

Tiap gadis di Jambi bisa membuat songket sehingga desain motif yang dihasilkannya pun beragam. Saat itu, membuat kain tenun songket adalah sebuah kebutuhan untuk dikenakan sendiri. Akibatnya, mereka berlomba-lomba menciptakan songket sehalus, seindah, dan serapi mungkin. Kini, berbusana kain songket adalah sebuah prestise bagi pemakainya.

Songket Jambi

5f8f8-songket2bjambi-4 (https://www.skyscrapercity.com)

Alat yang digunakan untuk menenun di daerah Jambi dikenal dengan nama alat tenun jenis gedogan. Alat ini sama dengan alat tenun yang umum digunakan oleh para penenun di daerah pesisir Sumatera. Alat tersebut terbuat dari kayu dan bisa diperoleh dengan memesan pada pengrajinnya atau membeli peralatan yang sudah jadi.

Songket Jambi

d5258-songket2bjambi-5 (https://www.skyscrapercity.com)

Pembuatan tenun sempat terhenti pada masa penjajahan Jepang. Pada era selanjutnya tenun di Jambi kembali bangkit namun kesulitan dalam memperoleh bahan baku serta proses pemasarannya. Disamping itu, kehadiran tenun produksi daerah lain seperti dari Palembang dengan harganya yang sangat bersaing membuat pelaku tenun di Jambi seakan mati suri.

Songket Jambi

songket9 (https://padangschebovenlanden01.blogspot.co.id)

Hingga saat ini, di Provinsi Jambi masih dapat ditemui daerah-daerah penghasil kain songket Jambi. Seperti Muaro Jambi, Kecamatan Tabir di Kabupaten Merangin, dan Kelurahan Tanjung Gedang di Kabupaten Muaro Bungo. Sedangkan untuk Kota Jambi sendiri, ditemukan dua sentra pembuatan songket Jambi, yakni Kecamatan Jelutung dan Kelurahan Suka Karya Jambi.

Motif dan Corak

45e4a-bungo1 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

4e2f2-bungo2 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

032d1-bungo3 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

Tenun atau Songket Jambi yang dikenal Muaro Bungo dengan berbagai motif-motif khas Jambi yang digambarkan pada tenun tersebut adalah angso duo, kembang duren, bungo intan, keluk paku, bunga melati, durian pecah, dan bunga sulur. Ciri khas motif Jambi adalah suluran daun-bunga yang biasa terdapat di kerajinan sulaman benang emas.

b0bcc-bungo4 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

f646c-bungo5 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

c5c1b-bungo6 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

Namun untuk setiap motif yang terdapat ditenunan itu tentu saja memiliki makna tersendiri, seperti motif durian pecah merupakan makna akan kesuburan dan hasil bumi yang melimpah. Motif bunga melati merupakan lambang keindahan perempuan, sedangkan untuk motif angso duo merupakan lambang dari Jambi sebagai Tanah Pilih Pesako Betuah.

be903-bungo7 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

a7b22-bungo8 Songket Motif Muaro Bungo (https://padangschebovenlanden01.blogspot.com)

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tenun Bengkulu

Mon Sep 8 , 2014
Selendang Bengkulu (https://indokain.com) Tenun Bengkulu merupakan tenun songket, dengan penyebaran tenun songket di Indonesia yaitu di daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara. Tenun songket Bengkulu merupakan tenun dengan teknik menambah […]