Tempat Pentas Seni Budaya di Ciamis Jawa Barat

Studio Titik Dua

Kabupaten Ciamis adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Ciamis Kota. Kabupaten ini berada di bagian tenggara Jawa Barat, karena Kecamatan Banjar, yang dulunya bagian dari Kabupaten Ciamis, ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 11 Desember 2002 maka ditetapkan menjadi kota (otonom), yang terpisah dari Kabupaten Ciamis, selain itu bagian Selatan Kabupaten Ciamis mengalami pemekaran pada tanggal 25 Oktober 2012 menjadi Kabupaten Pangandaran yang memiliki 10 Kecamatan.

Gedung Kesenian Ciamis
Jln. Ir. H. Djuanda, Ciamis, Jawa Barat

Gedung Kesesnian Ciamis (https://www.harapanrakyat.com)

Alun-alun Ciamis – Taman Raflesia
Jl. Ir. H Juanda), Ciamis, Jawa Barat

Tempat terselenggaranya Galuh Ethnic Carnival menjadi puncak gelaran seni memperingati HUT ke-377 Kabupaten Ciamis. Agenda kesenian dipadukan dengan pameran seni budaya.

Galuh Ethnic Carnival 2019

Paguyuban Gunung Taman Geger Bentang
Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Paguyuban Gunung Taman Geger Bentang

Studio Titik Dua
Jalan Sukamulya Lembur balong, RT.01/RW.02, Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis 46211 , Jawa Barat

Studio Titik Dua (https://www.google.com)

Pelestarian Seni Tradisional Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Ciamis bersama Studio Titik Dua untuk menggelar pertunjukan seni budaya melalui daring dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditonton oleh masyarakat luas melalui jejaring media sosial/YouTube.

Sanggar Seni “Angklung Toel”
Kampung Angklung, Penyingkiran, Cimais, Jawa Barat

Sanggar Seni “Angklung Toel” (https://disbudpora.ciamiskab.go.id)

Ikatan Muda-Mudi Pelajar Linggaharja (IMPALA)
Dusun Linggaharja, Desa Mekarsari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis

Kegiatan Seni Budaya di Tambaksari (https://www.rancahpost.com)

IMPALA yang berdiri sejak 28 Juli 1968 ini memiliki motto untuk ‘Ngamumule Budaya Ki Sunda‘, terbukti dengan agenda kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun setelah hari raya lebaran ini selalu menghadirkan nuansa budaya sunda dengan keanekaragamannya. Seperti kesenian yang ditampilkan dalam kegiatan kali ini diantaranya Jaipongan, Akustikan, Kacapian, Puisi Berantai, Accapela, Gamelan Kolaborasi, Calung dan ditutup oleh penampilan kesenian Tayuban dan Ronggeng Gunung dari Lingkung Seni ‘Surya Gumilang’ yang juga merupakan kelompok kesenian di dusun Linggaharja, Kecamatan Tambaksari yang masih tetap eksis untuk mengangkat dan mempertahankan khazanah budaya sunda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tempat Pentas Seni Budaya di Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Tue Jul 13 , 2021
Kabupaten Brebes adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Penduduk Kabupaten Brebes mayoritas menggunakan bahasa Jawa yang yang mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain, biasanya disebut dengan Bahasa Jawa Brebes. Namun terdapat kenyataan pula bahwa sebagian penduduk Kabupaten Brebes juga bertutur dalam bahasa Sunda dan […]