Tempat Pentas Seni Budaya di Banyuwangi Jawa Timur

12e0a-banyuwangi2bbatik2bfestival

Banyuwangi adalah kota yang mempunyai keindahan alam dan seni yang melimpah. Keindahan pantai, gunung dan hutan yang menakjubkan menjadi ciri khas tersendiri. Beragam seni dari masing-masing desa yang berbeda dan sumber daya alam yang berlimpah ruah. Kekayaan yang dimiliki ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan Banyuwangi. Upaya pengenalan di tingkat Nasional maupun Internasional terus dikerahkan pemerintah yang bertujuan mensejahterakan masyarakat dengan hasil karya masyarakatnya sendiri.

Taman Blambangan 
Sebidang tanah atau Alun-alun antara Jalan Wahidin Sudiro, Jalan Diponegoro, Jalan Veteran dan Jalan RA Kartini, Kota Banyuwangi.

84055-taman-blambangan Taman Blambangan Banyuwangi (https://indoturs.com)

Taman Blambangan adalah sebuah lapangan besar (alun-alun) yang terletak di Kota Banyuwangi. Sebelumnya, area ini dinamakan Lapangan Tegaloji dikarenakan disekelilingnya terdapat bangunan-bangunan yang diperuntukkan untuk warga kolonial Belanda. Taman Blambangan berbentuk lapangan luas berumput yang di tepinya terdapat arena untuk lari kecil.

4a5a0-kebo-keboan Banyuwangi Ethno Carnival (https://www.titik0km.com)

Taman Blambangan digunakan untuk keperluan upacara atau acara yang membutuhkan massa besar seperti konser musik dan kampanye partai politik. Selain itu, setiap hari Minggu di area ini diadakan Car free day.

5d1ed-bec-3-sebagai-acara-pembuka-banyuwangi-festival-2013 Banyuwangi Ethno Carnival (https://www.titik0km.com)

Gelanggang Seni dan Budaya (Gesibu Blambangan)
Jalan Diponegoro No. 2, Banyuwangi.

1577a-bordah09 Gesibu Blambangan (https://www.jebengthulik.com)

Sedangkan di bagian barat lapangan terdapat Gelanggang Seni dan Budaya Blambangan (Gesibu Blambangan) yang ditandai dengan sebuah bangunan seperti candi Penataran. Area ini dilengkapi dengan lapangan bola basket, arena skateboard dan area kuliner. Juga berbagai kegiatan lainnya, pagelan musik, tari, dan berbagai event lainnya.

12e0a-banyuwangi2bbatik2bfestival Banyuwangi Batik Festival (BBF) sukses digelar Sabtu malam (20/9/2014) di Gelanggang Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi (https://www.jebengthulik.com)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tempat Pentas Seni Budaya di Kota Tegal Jawa Tengah

Sat Apr 4 , 2015
Denyut kesenian Kota Tegal, sejak era 1970, sudah menampakkan gairahnya. Teater RSPD, Teater Puber, dan Teater Massa Hisbuma merupakan kelompok seni yang paling meramaikan khasanah kesenian Kota Tegal hingga dasawarsa 1990-an. Tercatat pula, beberapa seniman atau grup Band berskala nasional yang pernah berkunjung dan mementaskan karyanya seperti; WS Rendra, Bengkel […]