Tebing Gunung Rungking Tegalwaru Kabupaten Karawang Jawa Barat

Gunung Rungking (https://astacala.org)

Tebing Gunung Rungking di salah satu gugusan dari Pegunungan Sanggabuana terletak di Desa Cigunugsari, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Tebing Rungking memang tak sepopuler tebing-tebing yang sudah hits terlebih dulu, misalnya Tebing Citatah di Padalarang, Bandung; atau Tebing Ciampe di Bogor.

Gunung Rungking yang berketinggian 650 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, tak kalah menariknya dari beberapa tebing yang sudah eksis terlebih dulu itu. Kontur-kontur tebingnya yang menempel di badan gunung menantang adrenalin, bahkan ada yang sudut kemiringannya lebih dari 45 derajat, tetapi kita juga disuguhkan keindahan alam memesona.

Jalur

Panjat tebing di Tebing Gunung Rungking (https://kumparan.com)

Saat ini Gunung Rungking baru memiliki satu jalur sport yang itupun sudah lama di buat yaitu sekitar tahun 2004an.

Team Pendahulu Ekspedisi Rungking Bara Rimba yang telah turun sejak tanggal 28 Mei terus mencari tebing yang cocok untuk di panjat. Hingga tanggal 29 Mei akhirnya disebelah tenggara kompas dari Dinding ‘Koman’ ditemukan tebing yang cocok dan aman untuk di panjat.

Panjat tebing di Tebing Gunung Rungking (https://astacala.org)

Tanggal 31 Mei 2015 Team Pemanjat setelah melakukan pengecekan dan pemasangan Anchor langsung menguji panjat. Pengujian panjat ini dilakukan oleh empat anggota Team Pemanjat yang di bantu enam Team Pendahulu. Setelah dilaksanakan uji panjat dan dinyatakan aman untuk di panjat, maka tebing tersebut diberi nama sesuai kesepakatan Team Ekspedisi dengan nama ‘Rengasdengklok Style’.

“Tebing ‘Rengasdengklok Style’ ini diberi nama seperti itu karena pencarian, pembuatan, pemasangan dan pengujiannya dilakukan oleh anggota Bara Rimba yang merupakan siswa SMKN 1 Rengasdengklok” beber Dadang. Sehingga tebing ini memiliki cita rasa jalur dan gaya pemanjat siswa-siswa SMKN 1 Rengasdengklok yang ada di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Sumber: wartapalaindonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

6 Ide Sajian Takjil Anti Ribet yang Bisa Dicoba!

Thu Jun 10 , 2021
Takjil Bubur Sumsum Apa yang paling ditunggu sama Sahabat GWI semua saat Ramadhan datang? Mungkin salah-satunya adalah saat berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Apalagi saat berbuka ada hidangan takjil yang segar, manis dan lezat. Bisa jadi tambah seru lagi kalau Sobat Pesona menyantap takjil buatan sendiri, nih. Waktu ngabuburit […]