Tebing Bukit Simarsolpa Simalungun Sumatera Utara

Tebing Bukit Simarsolpa (https://www.picuki.com)

Tebing Bukit Simarsolpa yang berlokasi di Dusun Duren Bauggal, Desa Sinda Raya Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun< Provinsi Sumatera Utara.

Tebing Simarsolpa terletak di tengah perkebunan kelapa sawit, tepat di belakang rumah Pak Wir, seorang lelaki berkelahiran Solo, Jawa Tengah, yang telah puluhan tahun menetap di dusun ini. Di rumah Pak Wir biasanya para pemanjat yang ingin menaklukkan tebing Simarsolpa menginap. Rumah kayu yang berlantai tanah ini sering disulap menjadi base camp yang ramai oleh pemanjat.

Grade

Cewek sedang memanjat Tebing Bukit Simarsolpa (https://www.picuki.com)

Di sisi timur Dolok Simarsolpa terletak tebing terjal menjulang setinggi 250 meter dari dasar bukit dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Tebing yang dikelilingi Bukit Barisan ini kerap menjadi incaran pemanjat tebing yang berkunjung ke Sumatera Utara. Bagian bawah tebing berlumut dan licin karena tertutup pepohonan lebat membentuk kanopi. Cacat tebingnya bervariasi, dari cerukan panjang mirip talang air sampai beberapa crack (rekahan). Pengaman yang banyak digunakan terutama sisip pegas (friend) dan beberapa buah piton (paku tebing). Juga terdapat banger pada tiap pitch (titik perhentian sementara). Di bagian tengah terdapat tiga buah gua kecil yang cocok untuk menginap jika menggunakan pemanjatan alpine. Puncak tebing berupa hutan lebat yang didominasi tumbuhan bambu. Secara keseluruhan grade (tingkat kesulitan) rute pemanjatan di Simarsolpa adalah 5.8 menurut versi Amerika.

Jalur (Rute)

Tebing Bukit Simarsolpa (https://www.picuki.com)

Apabila anda berniat memanjat Tebing Simarsolpa, di awal pemanjatan terdapat cerukan panjang mirip crack sampai pitch 1. Bentuk crack seperti ini yang biasanya menjadi santapan nikmat saat memanjat karena tidak banyak tenaga yang harus dikeluarkan, tapi lebih mengandalkan teknik keseimbangan. Setelah pitch 1, jalur pemanjatan berupa face nyaris tanpa crack menuju pitch 2. Pitch 2 merupakan tempat yang asik untuk istirahat makan siang sambil menikmati alam Simalungun dan deretan pegunungan Bukit Barisan. Apabila anda kebetulan membawa kamera, sesekali anda bisa membidik kawanan burung rangkong yang melintas.

Apabila anda sudah sampai di pitch 5 maka anda dapat leluasa melihat puncak tebing yang jaraknya hanya sekitar 40 meter. Bentuk permukaannya bervariasi, dari vertical (tegak lurus 90°), overhang (menggantung) dan slab (kemiringan 70°-80°). Titik overhang ini yang biasanya sulit dilalui. Namun, asal punya sedikit nyali semua jadi diatasi.

Asesbilitas

Untuk tiba di Dusun Duren Bauggal, pengunjung dapat memulai perjalanannya dari kota Medan. Dari Medan, dapat menggunakan kendaraan umum jenis Colt L-300 menuju Pasar Sakti, Tebing Tinggi. Pasar Sakti adalah kota terakhir sebelum kita memasuki desa Sindar Raya. Dari Pasar Sakti berganti angkutan bus ukuran tiga perempat yang langsung dapat mengantarkan kita ke Desa Sindar Raya. Selama perjalanan Pasar Sakti -Tebing Tinggi, kita akan disuguhkan pemandangan perkebunan kelapa sawit yang tertata rapi dan eloknya alam Simalungun. Sesekali terlihatkumpulan penduduk yang banyak meluangkan waktu di kedai-kedai kopi.

Desa Sindar Raya bukan tempat perhentian terakhir. Dari sini harus berjalan menuju Duren Bauggal sekitar satu jam lebih. Namun, jika beruntung akan ada kendaraan menuju Dusun Duren Bauggal dengan hanya sepuluh menit perjalanan.

Sumber: catros

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tebing Gunung Padang Kota Padang Sumatera Barat

Mon Jun 7 , 2021
Obyek Wisata Gunung Padang (https://www.kidalnarsis.com) Tebing Gudung Padang yang terletak di Kelurahan Kampung Seberang Pabayang, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, dengan ketinggian puncak sekitar 80 meter di atas permukaan laut yang letaknya berada di seberang selatan dari muara Batang Arau. Oleh Pemerintah kota Padang, Gunung Padang masuk […]