Tebing Bukit Selero Lahat Sumatera Selatan

Tebing Bukit Serelo (https://www.pegipegi.com)

Tebing Bukit Serelo atau masyarakat setempat mengenalnya dengan Tebing Bukit Jempol, berlokasi di Desa Perangai, Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan yang berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Lahat, merupakan salah satu bagian dari Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Serelo yang merupakan salah satu dari tiga kawasan konservasi di Kabupaten Lahat.

Keindahan bukit Serelo yang memang terbentuk oleh alam yang hingga saat ini selalu menjadi objek wisata pencinta alam. Terutama setiap hari libur, objek wisata yang satu ini menjadi tempat yang bisa kita jadikan pilihan untuk berkemah menikmati keindahan alam, maupun penaklukan terjalnya puncak Serelo bagi pecinta olahraga Panjat Tebing.

Tebing Bukit Serelo (https://www.pxfuel.com)

Memiliki tinggi sekitar 900 meter di atas permukaan laut, bukit ini bisa dilihat dari Kabupaten Muara Enim. Nama Bukit Jempol sendiri dipakai oleh masyarakat Lahat mengingat bentuknya yang seperti jempol. Namun bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Tunjuk, karena pada sisi pandang yang lain justru berbentuk seperti jari yang sedang menunjuk ke atas.

Jalur

Shelter 7 Kedaton 2 (https://stapala.id)

Di setiap dinding bukit ini sudah terpasang beberapa jalur pemanjatan yang sengaja dibuat oleh para penggiat alam bebas khususnya para pemanjat tebing (climbers), sehingga sedikit memudahkan Anda untuk melakukan pemanjatan.

Tebing Bukit Serelo (https://stapala.id)

Untuk menempuh puncak nya bukit, terbagi menjadi 2 pendakian yang dikenal dengan istilah Kedaton I dan Kedaton II dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tetapi untuk menempuh puncak dari bukit ini, atau dari Kedaton I ke Kedaton II, pengunjung akan dihadapakan pada tantangan keterjalan tebing . Kebanyakan bagi orang awam hanya mencapai pada Kedaton I atau pundak dari Puncaknya bukit Serelo, namun bagi pengunjung yang senang dengan olahraga tantangan, hal ini dijadikan sebagai lokasi pelatihan Panjat Tebing.

Aksesbilitas

Kambing gunung ada di puncak, mosok manusia tidak mampu sampai ke puncak juga (https://stapala.id)

Untuk mencapai lokasi TWA Bukit Serelo, yang terletak di Kecamatan Merapi, tidaklah terlalu susah. Karena, jalan untuk menuju ke sana sudah diaspal, sehingga memudahkan seluruh jenis kendaraan, untuk melintasi jalan tersebut. Tapi untuk mencapai kaki Bukit Serelo, tentunya Anda terlebih dahulu harus meniti jalan setapak berbukit dan berhutan lebat yang jarak tempuhnya lebih kurang 2 jam perjalanan dari jalan aspal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tebing Gunung Rungking Tegalwaru Kabupaten Karawang Jawa Barat

Tue Jun 8 , 2021
Gunung Rungking (https://astacala.org) Tebing Gunung Rungking di salah satu gugusan dari Pegunungan Sanggabuana terletak di Desa Cigunugsari, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Tebing Rungking memang tak sepopuler tebing-tebing yang sudah hits terlebih dulu, misalnya Tebing Citatah di Padalarang, Bandung; atau Tebing Ciampe di Bogor. Gunung Rungking yang berketinggian 650 […]