Tarian Tradisional Purworejo Jawa Tengah

1

Kabupaten Purworejo merupakan daerah agraris, sebagian besar penduduknya bekerja di pertanian, memiliki tari tradisional asli Purworejo diantaranya kesenian tari Dolalak, Jaran Kepang serta tari kreasi baru.

GWI Indonesia Banget mencoba menelusuri seni tari tradisional yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tari Dolalak

Tari Dolalak (https://tarijateng.wordpress.com)

Merupakan tari alkulturasi budaya antara kolonial Belanda dan Jawa. Pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, daerah Kabupaten Purworejo terkenal dengan pusat latihan militer dimana anggota prajurit itu terdiri dari orang-orang pribumi yang tidak saja berasal dari Purworejo tetapi juga orang-orang dari luar Purworejo dan para pelatihnya adalah para tentara Belanda. Mereka hidup dalam tangsi atau asrama yang jauh dari sanak saudara dan keluarga.

Asal kata Dolalak adalah dari Not Do dan La (bukan nada C dan G)  karena tarian ini diiringi hanya dengan alat musik dua nada. Konon pada waktu luang para prajurit Belanda berbaur dengan warga untuk menari dalam bentuk baris berpasangan, diiringi nyanyian bersyair pantun sindiran.

Nurinda, penari Dolalak (https://hellosemarang.com)

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tarian Dolalak sekarang sudah diringi dengan musik modern, yaitu keyboard. Lagu-lagu yang dimainkan pun bervariasi dan beragam. Penari Dolalak hanya dilakukan oleh para wanita, berseragam hitam dengan aksesoris yang gemerlapan juga ada aksesoris yang khas yaitu kacamata hitam. Penari-penari Dolalak bisa mengalami trance, yaitu suatu kondisi mereka tidak sadar karena sudah begitu larut dalam tarian dan musik.

Tingkah mereka bisa aneh-aneh dan lucu. Tarian Dolalak saat ini sudah berkembang pesat bahkan sudah menjadi tarian ikon Kabupaten Purworejo.

Tari Jidur

Tarian tradisional ini diiringi musik perkusi tradisional seperti: bedug, rebana, dan kendang. Satu kelompok penari terdiri dari 12 orang penari, dimana satu kelompok terdiri dari satu jenis gender saja (seluruhnya pria, atau seluruhnya wanita).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Indonesia Kalahkan Thailand di Daftar Top 5 Destinasi Turis Prancis

Sat Jul 1 , 2017
Bali (https://indonesia-panorama.blogspot.co.id/) Indonesia berhasil mengungguli Thailand dalam daftar Top 5 destinasi wisata favorit turis Prancis. Indonesia duduk di peringkat 2 dan hanya kalah dari Bahama. Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Kali ini pengakuan datang dari Prancis. Di Prancis, Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar ‘Top 5 Destination’ tujuan wisman […]