Tarian Tradisional Kota Probolinggo Jawa Timur

Tari jaran bodhag

Kesenian yang ada di kota probolinggo menciri khaskan kesenian pendhalungan yaitu masyarakat etnis suku Jawa dan Madura, yang tersebar di setiap penjuru kota Probolinggo. Beberapa etnis tersebut membentuk dan menciptakan sebuah alkultrasi kesenian dan kebudayaan baru. Salah satunya adalah kesenian tari.

Tari Glipang

Tari Glipang (https://surabaya.liputan6.com)

Merupakan tarian tradisional khas Probolinggo, Jawa Timur. Tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat saat masa penjajahan.

Tari Glipang memiliki gerakan yang memadukan beberapa tari seperti gerakan pada tarian Topeng Ghetak Madura, Rudhat, Seni Hadrah, saman dan pencak silat. Menurut beberapa sumber, Tari Glipang diciptakan oleh seorang pemuda asal Madura bernama Seno Truno yang datang dan tinggal di Desa Pendil, Kabupaten Probolinggo.

Sejarah

Seno Truno sebelumnya bekerja sebagai mandor di sebuah pabrik gula milik Kolonial Belanda di Probolinggo. Namun, karena ia diperlakukan sewenang-wenang oleh Kolonial Belanda, Seno memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya.

Kemudian ia menciptakan sebuah tarian tradisional sebagai bentuk perlawanannya terhadap Kolonial Belanda. Tarian itu diberi nama Tari Glipang, lalu kesenian ini diturunkan dari generasi ke generasi sehingga menjadi sebuah tradisi. Hingga kini Tari Glipang sering dipentaskan di berbagai acara seperti resepsi, hajatan hingga acara-acara besar.

Tari jaran bodhag

Tari jaran bodhag (https://surabaya.liputan6.com)

Merupakan jenis tarian yang tercipta dari sekolompok masyarakat pendhalungan yang ada di kota Probolinggo, dengan menggunakan kuda tiruan berbahan dasar rotan dan kayu. Tarian ini biasanya di gunakan untuk mengiringi dan mengarak acara hajatan.

Bentuk penyajian Jaran Bodhag adalah arak-arakan dan diiringi musik kenong telo’ dengan tambahan sronen. Tampilan Jaran Bodhag terdiri dari dua orang pembawa Jaran Bodhag, serta dua orang Janis atau penari pengiring pembawa Jaran Bodhag.

Tari Lengger

Tari Lengger Probolinggo (https://probolinggokotamuseumjatim.wordpress.com)

Tari Lengger pada awalnya merupakan sebuah kesenian yang ditampilkan sebagai sarana hiburan untuk mengusir rasa capek sehabis bekerja keras disawah dan ladang.

Ragam geraknya meliputi gerak Majeg melambangkan kemantapan dalam melakukan gerak, egolan melambangkan keerotisan wanita, lembehan untal tali kipatan melambangkan kewaspadaan agar terlindung dari segala sesuatu yang kurang baik, penthangan melambangkan penyatuan tujuan dari segala penjuru, arah gerak atau langkah, dan seblak sampur melambangkan gambaran dalam menghalau zat-zat yang negatif.

Tari Cinta Jawara

Tari Cinta Jawara (https://pdiperjuangan-jatim.com)

Merupakan tarian dimana menceritakan kisah cinta laki dan perempuan namun beda budaya. Yakni, laki-laki dari Madura, yang tengah kasmaran dengan perempuan Jawa. Dalam tarian tersebut, bagaimana menceritakan seorang laki-laki berupaya merayu perempuan. Namun bukan dengan gombalan, melainkan gerakan tari yang juga diimbangi oleh tarian perempuan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kandri Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah

Thu Aug 19 , 2021
Dewi Kandri (https://www.topwisata.info) Desa Wisata (Dewi) Kandri terletak di Desa Kandri, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Luas wilayah kelurahan Kandri adalah 357,848 Ha, secara geografis kelurahan ini berada dibawah kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 349 mdpl, temperature suhu maksimum Kandri adalah 31 derajat dan suhu minimum […]