Tarian Tradisional Kota Pasuruan Jawa Timur

Tari Merak Abyor

Kesenian daerah merupakan salah atu asset budaya yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus dan transparan dalam pembinaan, pelestarian serta pengembangannya. Di kota Pasuruan telah tercipta berbagai ragam kesenian dlm bentuk karya Tari yang sebagian besar menggambarkan keaneka ragaman kesenian daerah dan potret cerita rakyat Pasuruan.

Tari Terbang Bandung

Tari Terbang Bandung (http://miftahfarid29.blogspot.com)

Merupakan drama tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan perkembangan dari seni Hadrah, tari ini dimainkan oleh dua atau lebih grup yang dipentaskan secara bersama-sama.

Tari Merak Abyor

Tari Merak Abyor (http://khoirulanam.student.umm.ac.id)

Mengadaptasi dari kehidupan burung merak yang bercengkrama dengan alam. Dalam kehidupan sehari–hari burung merak senang sekali memamerkan keindahan bulu dan sayapnya, dengan jalan memekarkannya. Tari merak abyor ini merupakan kreasi Sanggar Tari Dharma Budaya Pasuruan.

Tari Kencring Wirasari

Tari kencring (http://khoirulanam.student.umm.ac.id)

Tari kencring ini mengungkapkan tingkah laku prajurit putri yang sedang melepaskan lelah dengan menari-nari sambil berjalan. Tarian ini melambangkan semarak gerak dan gemerincingnya gonseng sebagai penggugah semangat prajurit dengan sepak terjang yang lincah, energik, unik dan menarik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Kota Probolinggo Jawa Timur

Tue Aug 17 , 2021
Tari jaran bodhag Kesenian yang ada di kota probolinggo menciri khaskan kesenian pendhalungan yaitu masyarakat etnis suku Jawa dan Madura, yang tersebar di setiap penjuru kota Probolinggo. Beberapa etnis tersebut membentuk dan menciptakan sebuah alkultrasi kesenian dan kebudayaan baru. Salah satunya adalah kesenian tari. Tari Glipang Tari Glipang (https://surabaya.liputan6.com) Merupakan […]