Tarian Tradisional Kepulauan Riau (Video)

36023-kapten2bboria

Riau dan Kepulauan Riau, dua provinsi yang berdekatan ini memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya tarian. Tarian di kedua provinsi ini hampir sama, yaitu Tari Melemang, Tari Makyong, Tari Makin Sirih (Tari Persembahan), Tari Joget Lambak dan Tari Tandak tidak dikupas. Tarian tradisional Riau, silahkan dibaca disini.

Tarian yang paling terkenal di Kepulauan Riau adalah tari Zapin. Selain itu, terdapat beberapa jenis tarian lainnya antara lain :

Tari Ayam Sudur

Tari Ayam Sudur (https://disparbud.natunakab.go.id)

Kesenian ini sering dilakukan masyarakat dalam pesta pernikahan adat. Ayam sudur sering dimainkan oleh masyarakat Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Tari Boria

c2b6b-tari-boria-2 Tari Boria (https://selasarseni.blogspot.co.id)

Munculnya kesenian ini di Pulau Penyengat terinspirasi dari kehidupan tentara Belanda yang bercokol di Kerajaan Riau pada abad ke 18.

Tari Boria dimainkan oleh kaum lelaki, dengan jumlah pemain sebanyak 20 orang ditambah 1 orang komandan yang disebut Kapten. Tugasnya adalah mengatur barisan dan menjadi sentral cerita di dalamnya. Sementara anak buah dipimpin oleh seorang sarjen (sersan).

36023-kapten2bboria Kapten Boria (https://selasarseni.blogspot.co.id)

Gerakan dalam Boria cukup sederhana. Sumber gerak diambil dari gerak berbaris, hormat, keseharian, dan permainan anak-anak. Pola lantai berupa garis lurus dan lengkung.

Busana terdiri dari Baju ala tentara Belanda, sepatu, kaos kaki, topi tarbus dan diberi pernak-pernik sehingga terkesan meriah. boleh menggunakan kacamata.

427f2-kapten2bboria2bdan2bsersan Kapten dan Sersan (https://selasarseni.blogspot.co.id)

Musik cukup sederhana dengan menggunakan genderang snar drum dan akordian. Boleh juga ditanbah terompet dan peluit.

Tari Kipas Mendu

7d3fc-tari2bkipas2bmendu-2 Kapten dan Sersan (https://selasarseni.blogspot.co.id)

Dalam Tarian Kipas Mandu, Kipas hakekatnya sebagai alat bantu. Bila di Kipas menjadi sejuk, bila sejuk dikipas menjadi marah. Kipas bisa juga menjadi senjata, tergantung yang memakainya. “Tari Kipas Mendu” diangkat dari teater Tradisional “MENDU” yang masih melekat pengaruh zaman kolonial di Kepulauan riau. Tarian ini diangkat dalam suasana yang kental dengan islam.

Tari Madah Gurindam

Tari Madah Gurindam adalah tarian yang gerakan mendayu-dayu, tarian ini berasal dari Tanjung Pinang kepulauan Riau.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Jambi

Sun Oct 11 , 2015
Seni tari daerah Jambi cukup banyak ragam serta coraknya, dimana pada tiap-tiap daerah mempunyai ciri sesuai dengan keadaan daerah serta suku dalamkelompok masyarakat adat yang bersangkutan. Dari sekian banyak corak dan ragamnya seni tari daerah Jambi, namun sudah banyak pula yang hampir tidak dikenal bahkan dilupakan oleh lingkungan masyarakat yang […]