Tarian Tradisional Kebumen Jawa Tengah

1

Kabupaten Kebumen ternyata memiliki berbagai macam tradisi, adat-istiadat, kesenian, tari-tarian dan berbagai macam ritual yang melekat dan erat dengan kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Tari Ebleg (Tari Ebeg)

Ebleg dengan Barongan (httpss://kebumen2013.com)

Merupakan  tari yang dimainkan dengan menggunakan kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu. Ebeg biasanya diiringi dengan alat musik yang terdiri dari kendang, gamelan pelog, gong, kenong, dan terompet khas kuda lumping.

Ebleg merupakan kesenian tradisional asli Panjer (nama Kabupaten Kebumen masa lampau) itu, sebagai cikal bakal tumbuhnya kesenian kuda lumping (jaran kepang) di berbagai daerah, termasuk Kebumen, bahkan di Negara Suriname.

Adapun kuda lumping merupakan hasil pengembangan dari kesenian ebleg. Jadi, gerakan kesenian kuda lumping tidak harus sesuai dengan pakem.

Kolaberasi Ebleg Kebumen dan TNI (httpss://kebumen2013.com)

Instrumen yang wajib ada dan menjadi ciri khas ebleg yakni barongan, sebagai simbol sosok Sultan Agung yang terkenal dengan julukan Singa Jawa (Singa Mataram). Selain itu jaran kepang dengan warna hitam dan putih, sebagai simbol pasukan berkuda Mataram yang gagah berani. Warna putih melambangkan Turangga Seta (kuda putih), sedangkan warna hitam melambangkan Turangga Sembrani (kuda hitam).

Turangga seta juga simbol kekuatan ketuhanan murni (bersifat rohani), sedangkan turangga sembrani simbol kekuatan raga dan alam.

Ciri khas lainnya yakni gending, sebagai simbol dari Kitab Sastra Gendhing karya Sultan Agung. Kitab tersebut berisi ilmu politik atau pemerintahan dan strategi perang. Sekaligus sebagai aturan dan dijadikan pedoman militer seta pemerintahan di masa Sultan Agung.

Ebleg Kebumen (httpss://kebumen2013.com)

Gending yang wajib digunakan dalam ebleg yakni Eling – Eling dan Riti – Rito, sebagai simbol nasihat agar generasi penerus selalu mengingat jasa para leluhur pendahulu bangsa serta tidak berfoya – foya. Selain itu ada penthul sebagai simbol penasihat raja yang kedudukannya sekaligus sebagai penasihat perang (adviser militer).

Tari Lawet

Tari Lawet (https://cahtp.blogspot.co.id)

Gerakan tari lawet lincah dan ceria, hal itu sesuai dengan gerakan terbang lawet yang luwes dipandang. Di dalam tari lawet terkandung makna yang cukup dalam, yaitu menggambarkan kehidupan burung yang berusaha hidup untuk mencari makan sehari-hari. Gerakan tari lawet antara lain: ngulet atau angklingan, didis, loncat egot, lenggut, ukel nyutuk, lincah nyucuk, kepetan.

Tari Cepetan

Tari Cepetan (https://historyandlegacy-kebumen.blogspot.co.id)

Merupakan tari yang mengadopsi banyak elemen baik musik (gamelan, simbal, bedhug, saron) maupun gerak tari (tari Wasono dll) dan tidak harus melibatkan aspek magis di dalamnya.

Adegan pembukaan dimana semua pemain akan membuat posisi menyembah ke empat penjuru mata angin untuk menyimbolkan penyembahan pada para penguasa wilayah juga kepercayaan mengenai “sedhulur papat lima pancer” dalam rumusan Kejawen. Adegan tarian dengan diiringi alunan musik selama beberapa jam lamanya. Adegan penutup berupa kesurupan. Dalam event tertentu, adegan terakhir ini tidak wajib dilakukan sehingga praktis struktur gerakan bisa terdiri dari pembukaan dan gerak tari namun bisa pula pembukaan, gerak tari, penutup berupa kesurupan yang dialami pemain. Hal ini tergantung kebutuhan dari pementasan.

Tari Keselong

Merupakan tarian ini berakar dari tari tradisional kabupaten Kebumen. Tari tersebut digarap dengan apik menjadi sebuah cerita mengesankan.

Kisahnya digambarkan di lereng pegunungan Kempreng wilayah Prembun. Di tempat tersebut sering dijadikan tempat dolanan bocah-bocah asal desa setempat. Mereka yang asyik bermain itu kerap tidak mengingat waktu, bahkan sampai maghrib pun masih dolanan. Tanpa disadari, salah satu dari mereka hilang dan dicari kemana-mana tidak ketemu. Hingga pada malam, terdengar suara anak yang hilang tersebut. Ternyata suara itu berada di tengah kuburan. Tempat tersebut dikenal angker.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Jawa Tengah

Sun Jun 11 , 2017
(https://www.kopi-ireng.com) Sahabat GWI Indonesia Banget, untuk mempermudah dalam pencarian Tarian Tradisional di Kotamadya atau Kabupaten, Propinsi Jawa Tengah, dibuat Site Map berdasarkan Kotamadya atau Kabupaten seperti peta diatas, tinggal anda pilih (klik) yang diinginkan (warna biru). Tari Aplang nyaris punah (https://gpswisataindonesia.info) Kabupaten Brebes Kabupaten Cilacap Kabupaten Banyumas Kota Tegal Kabupaten Tegal […]