Tarian Tradisional Kabupaten Mojokerto Jawa Timur

Tari Mayang Rontek

Kabupaten Mojokerto adalah salah satu wilayah di Jawa Timur yang tiada jauh berbeda dengan Kota Mojokerto khususnya dalam bidang ragam corak budaya yang memiliki nilai-nilai sejarah yang banyak pengaruh dari Kerajaan Majapahit (abad 13-15).

Tari Bedhoyo Majapahit

Tari Bedhoyo Majapahit (https://radarmojokerto.jawapos.com)

Merupakan tarian keraton yang merupakan upaya legitimasi kekuasaan raja-raja Majapahit dengan menghubungkan diri dengan tokoh mistik yang sangat dihormati.

Tari Mayang Rontek

Tari Mayang Rontek (http://nurhamidahsimdig.blogspot.com)

Merupakan salah satu tarian khas yang dimiliki Kabupaten Mojokerto, dijadikan sebagai tari pembuka dalam adat prosesi Pengantin Mojoputri. Busana Tari Mayang Rontek dipengaruhi oleh masuknya budaya Islam ke Tanah Jawa. Hal ini dapat diketahui dari bentuk visual busana Tari Mayang Rontek yang tertutup.

Mayang diambil dari sekar mayang yang mempunyai arti tongkol bunga atau dalam bahasa Jawa disebut kembang dan rontek adalah hiasan di atas tombak yang berbentuk rumbai- rumbai. Jadi arti dari nama Mayang Rontek adalah sebuah kembar mayang yang terdiri dari rontek-rontek atau rumbai-rumbai yang berbentuk kembang (bunga) sebagai bunga persembahan dalam pernikahan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Kabupaten Malang Jawa Timur

Mon Aug 16 , 2021
Kekayaan seni budaya di Kabupaten Malang menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Malang, Hal ini karena dengan banyaknya kesenian budaya yang ada , menjadi bukti bahwa Kabupaten Malang memiliki beragam aneka budaya yang akan mampu mendongkrak pariwisata di Kabupaten Malang. Tari Beskalan Putri Tari Beskalan Putri adalah tarian […]