Tarian Tradisional Bekasi Jawa Barat

1

245a7-tari2btopeng2bbekasi

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industry, kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang.

Tari Dodogeran

9f8b2-cqdp8kbveaevqqn

Merupakan tari kreasi khas Bekasi yang dari gerakan tariannya mencerminkan keceriaan anak-anak. Tarian ini bertempo cepat dengan gerakan yang lincah dan ceria. Selain itu terdapat gerakan yang menggerakkan-gerakkan pinggul dan tangan. Sekilas, kita akan teringat pada tarian dari Betawi dan Sunda.

e83f3-dsc00524 Teh Eem sedang merias penari (https://berandalinda.blogspot.co.id)

Tari Dodogeran ini diciptakan oleh seorang wanita bernama teh Eem, yang menjadi salah satu masyarakat yang tinggal di Kota Bekasi. Teh Eem mulai menari sejak SMA. Berlatar belakang keluarga seniman, teh Eem akhirnya berniat membuat tarian khas untuk Bekasi. Maka terciptalah tarian Dodogeran, dan tarian Kembang Bekasi. Tari kreasi baru itu merupakan tarian klasik yang diberi nafas Indonesia baru.

Tari Kembang Bekasi

8d33a-tari2bkembang2bbekasi Tari Kembang Bekasi (https://www.youtube.com)

Tari Kembang Bekasi merupakan kesenian asli yang berasal dari kota yang di juluki patriot tersebut, tari kembang bekasi diperkenalkan pada 2010. kembang Bekasi sepintas mirip Tari Ronggeng namun tarian ini memiliki gerakan yang lebih rumit. karena tarian ini menggunakan properti 3 buah topeng yang di pakai bergantian.

Tari ini memilki gerakan dan musik yang lebih cepat dari tari ronggeng, sang penari menggunakan kostum celana pangsi yang dipadu kain sebagai bawahan. Sedangkan penghias kepala seperti aksesori putri Tiongkok. hal ini tidak terlepas dari kebudayaan China, yang mewarnai Bekasi di masa lampau.

Tari Topeng Bekasi (Ronggeng Blantek Bekasi)

245a7-tari2btopeng2bbekasi Tari Topeng Bekasi atau Ronggeng Blantek Bekasi  (https://tabloidharapanindahnews.com)

Kesenian ini tidak hanya menampilkan seni tari semata. Di dalamnya juga dipentaskan seni musik, seni vokal, seni peran, serta seni sastra. Biasanya, teater rakyat yang juga dikenal dengan istilah Topeng Bekasi tersebut juga menyuguhkan lawakan yang bersumber dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Tarian lenggak-lenggok ini dulunya digunakan sebagai mata-mata pribumi pejuang Bekasi terhadap musuh. Biasanya dilakukan oleh gadis-gadis cantik yang memakai topeng.

Topeng bekasi ini biasanya dimainkan untuk memeriahkan upacara perkawinan, khitanan dan khaulan akan tetapi bisa juga dimainkan dalam acara–acara resmi seperti menyambut tamu dan pentas seni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Mon Feb 22 , 2016
Nama “SOEKA-BOEMI” pertama kali diperkenalkan pada tanggal 13 Januari 1815 ke dunia luar Sukabumi oleh administratur perkebunan bernama Andries Christoffel Johannes de Wilde, seorang berkebangsaan Belanda yang menjelajah di Sukabumi untuk mencari lokasi tanah yang cocok untuk perkebunan. Dalam laporan surveynya, Andries Christoffel Johannes de Wilde mencantumkan nama Soeka Boemi […]