Tak Hanya Basah dan Kering, Yogya Kini Punya Bakpia Krispi

Peluncuran bakpia krispi di Pabrik Bakpia Juwara Satoe Yogya diwarnai dengan arak arakan gunungan bakpia untuk diperebutkan warga (16/12)

Kuliner khas Yogya, bakpia umumnya tersedia dalam bentuk basah dan kering. Namun saat ini semakin banyak kreasi bakpia yang dikembangkan. Salah satunya bakpia krispi yang diproduksi rumah bakpia Juwara Satoe. Bakpia ini mungkin mirip kue namun sebenarnya bakpia ini dibikin kering tanpa kadar air tersisa.

“Karena diproduksi tanpa kadar air maka bisa sangat tahan lama, bisa tiga hingga enam bulan,” ujar Wahyu Karnadijaya, Manajer Distribusi Bakpia Jawara Satoe di sela-sela pembukaan pabrik pertamanya di Yogya, Minggu 16 Desember 2018.

Wahyu menuturkan bakpia produksinya menghindari bahan pengawet karena dengan proses pembuatan yang diterapkan bakpia dengan diameter jumbo 7 sentimeter itu sudah tahan lama. “Produksi bakpia ini menggunakan mesin modern sehingga lebih higienis, dan kapasitas produksi 10 ribu  bakpia tiap hari,” ujarnya.

Yang unik, selain dalam tampilan jumbo dan krispi, bakpia tersebut mengusung berbagai varian rasa unik. Varian yang jadi andalan yakni gula tarik, merupakan bakpia bertabur wijen yang di dalamnya berisi campuran gula pasir dengan karamel serta bahan lain, sehingga saat bakpia digigit karamel di dalam akan lumer di mulut.

Lapisan luar bakpia yang krispi sendiri dominan dengan asin dan gurih, bukan rasa manis seperti bakpia umumnya. “Kami ingin pakem baru rasa bakpia yakni dengan rasa asin-gurih, tapi tetap ada unsur manisnya,” ujarnya.

Bakpia krispi yang diproduksi rumah bakpia Juwara Satoe Yogyakarta

Selain varian gula tarik, ada pula varian bakpia sayur yang isinya berupa campuran aneka sayuran dengan dominasi rasa asin gurih. Bakpia sayur ini merupakan varian yang sebelumnya belum pernah ada dalam aneka varian bakpia di Yogya. Selain itu ada pula khusus rasa asin juga kacang hijau manis.

Sebaran bakpia krispi ini akan dipusatkan tetap di kawasan Patuk Kota Yogya, yang selama ini menjadi sentra produksi dan penjualan bakpia di Yogya. “Kami berharap bakpia krispi ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh bagi wisatawan pecinta bakpia,” ucap Wahyu.

Harga bakpia yang ditawarkan mulai Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu untuk lima buah tergantung variannya. Harga tersebut dinilai bisa bersaing dan terjangkau, apalagi bakpia krispi ini menjadi salah satu inovasi terbaru di dunia bakpia.

Meski menggunakan mesin modern, keterlibatan masyarakat untuk bekerja di pabrik bakpia tersebut tetap dilakukan. Khususnya di bidang permesinan. “Kami juga merangkul warga sekitar untuk bisa bekerja di sini sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Permaisuri Raja Keraton Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas di sela pembukaan gerai bakpia Juwara Satoe di kawasan Patuk mengatakan jajanan khas bakpia butuh terus sentuhan agar terus bertahan menghadapi perubahan jaman yang makin dijejali aneka kuliner. “Dan bakpia krispi ini menjadi salah satu inovasi yang patut diapresiasi sebagai bagian untuk terus melestarikan bakpia dan jadi pilihan wisatawan,” ujarnya.

Sementara Bupati Sleman Sri Purnomo  mengatakan keberadaan bakpia krispi tersebut tidak akan menjadi pesaing baru produk bakpia yang sudah ada. Dia menilai, bakpia krispi ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin sensasi rasa yang berbeda. “Jadi ini segmennya bisa bertambah. Orang yang selama ini biasanya mengonsumsi bakpia yang ada, sekarang bisa mengkonsumsi jenis yang berbeda,” katanya.

Sumber: tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padangpanjang Sumatera Barat

Mon Dec 24 , 2018
Desa Wisata Kubu Gadang (https://www.google.com) Desa Wisata Kubu Gadang terletak di Jalan Haji Miskin, Ekor Lubuk, Padang Panjang Tim., Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27122. Hamparan sawah dan panorama tiga gunung yang mengelilingi Padang Panjang adalah salah satu bagian yang memikat dari desa ini. Ketiga gunung tersebut adalah Singgalang, Tandikek, […]