Tahura Raden Soerjo, Lima Wilayah Jawa Timur

Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo (https://tahuraradensoerjo.or.id)

Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo yang terletak di lima wilayah, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu, Provinsi Jawa Timur,  memiliki tiga jenis vegetasi hutan. Vegetasi yang dimaksud adalah vegetasi hutan alam cemara, vegetasi hutan hujan pegunungan, dan vegetasi padang rumput.

Sejarah

Suasana Tahura Raden Soeryo (https://www.javatrans.com)

Kawasan Hutan Taman Raya R. Soerjoyang ditetapkan dengan Keputusan Presiden No. 29 tahun 1992 tanggal 20 Juni 1992 seluas ± 25.000 ha meliputi Kawasan hutan lindung Gn. Anjasmoro, Gn. Gede, Gn. Biru, Gn. Limas, seluas 20.000 ha dan Kawasan hutan Cagar Alam Arjuno Lalijiwo sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian, Nomor: 250/Kpts/Um/5/1972 tanggal 25 Mei 1972 seluas 4.960 ha serta tanah kebun penelitian Universitas Brawijaya seluas ±40 ha. Berdasarkan wilayah administratif pemerintahan terletak di 4 (empat) Kabupaten, Daerah Tk II, masing-masing Kabupaten Daerah Tk II Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Jombang.

Penataan batas ulang dilakukan oleh Departemen Kehutanan pada tahun 1997, di mana luas kawasan hutan raya berkembang manjadi 27.868,30 Ha, dengan rincian luas Kawasan Hutan Lindung 22.908,3 Ha, dan Kawasan Cagar Alam Arjuno-Lalijiwo (PHPA) 4.960 Ha. Saat ini Tahura Raden Soerjo dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Flora

Hutannya masih lebat Tahura Raden Soeryo (https://www.mongabay.co.id)

Keadaaan flora dan kawasan Tahura R. Soeryo didominasi tumbuhan jenis : Cemara (Casuarina junghuniana), Saren (Toenasureni), Pasang (Quercus lincata), Kemlandingan gunung (Mycura javabica) dan berbagai jenis tumbuhan bawah seperti Padi-padian (Sarghum vitidumvakl).

Di kawasan ini terdapat 3 (tiga) tipe vegetasi hutan yang relatif baik yaitu:

  1. Hutan Alam Cemara. Hutan Cemara(Casuarina yunghuniana) berada di lokasi Cagar Alam Arjuno Lalijiwo membentuk suatu tegakan homogin dengan tumbuhan bawah berupa beberapa jenis rumput dan semak. Tumbuhan ini merupakan jenis asli setempat dan dominan. Hutan ini dapat dijumpai pada ketinggian 1800 m dpl dengan kerapatan pohon rata-rata 55-80 pohon/ha dengan tinggi pohon antara 25-40 m dengan garis tengah antara 40-60 cm.
  2. Hutan Hujan Pegunungan. Tipe hutan ini berada di kawasan cagar alam dengan ketinggian antara 2.000-2.700 m dpl, merupakan hutan campuran dari 3 tingkatan vegetasi semak dan vegetasi tumbuhan bawah.
  3. Padang Rumput. Areal ini seluas ± 261 ha dijumpai pada perjalanan menuju Pondok Welirang. Merupakan tempat yang sesuai sebagai tempat breeding rusa, jenis rumput yang dominan adalah jenis padi-padian dan Kolonjono (Panicum repens) yang sangat disukai oleh rusa.

Fauna

Rusa timor atau Cervus timorensis (https://www.mongabay.co.id)

Fauna yang ada, antara lain adalah Rusa (Cervus timorensis), Kijang (Muntiacus muncak), Babi hutan (Sus srofa), Kera abu-abu (Macaca fascicuis), Macan tutul (Panthera pardus), Budeng (Presbytis cristata) dan berbagai jenis burung seperti Tekukur dan Kerenda.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:

1. Gunung Arjuno Welirang

Puncak Arjuno di Tahura Raden Soeryo (https://ngalam.co)

Gunung Arjuno yang terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang ini tidak memilki kawah, sehingga asap putih yang biasa terlihat sebenarnya berasal dari Gunung Welirang. Puncak Arjuno dikenal dengan nama puncak Ogal Agil yang berada di ketinggian 3.399 mdpl. Dari puncak Ogal Agil, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu. Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

2. Gunung Pundak

Dari puncak gunung Pundak (https://www.sepasangcarrier.com)

Gunung pundak memiliki ketinggian 1.585 mdpl tempat ini sangat cocok bagi kalian yang suka bermalam dan berwisata sembari menikmati suasana alam yang memanjakan mata.

Gunung Pundak memiliki medan ringan serta waktu tempuh singkat. Cocok buat menghabiskan akhir pekan sebagai pendaki baru. Gunung Pundak berada di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dari perempatan air panas, Teman Traveler bisa ambil jalur lurus menuju Claket. Jika dari Trawas, kamu bisa ambil jalur jurusan Pacet untuk menuju pos perijinan Tahura. Sebelum melakukan pendakian, Teman Traveler bisa menitipkan kendaraan di pos perijinan dan mengisi formulir administrasi. Harga tiket pendakian sekitar Rp 10.000-an dan parkir motor Rp 5.000-an.

3. Bukit Watu Jengger

Bukit Watu Jengger (https://tahuraradensoerjo.or.id)

Bukit Watu Jengger dengan ketinggian 1100 mdpl sangat mungkin untuk menjadi destinasi alternatif pendakian maupun camping setelah gunung penanggungan dan gunung pundak, dan juga sangat recommended buat para pendaki pemula karena medan yang tidak terlalu curam.

Untuk dapat sampai di Puncak Watu Jengger cukup menghabiskan waktu hanya 2 jam saja loh. Bahkan buat yang sudah berpengalaman mendaki, maka untuk bisa tiba di lokasi bisa hanya 1,5 jam saja. Meski begitu, tetap saat perjalanan harus selalu berhati-hati, karena kamu harus melewati jalanan yang menanjak, banyak bebatuan, dan ketika habis hujan biasanya jalanan menjadi agak licin.

4. Air Panas Cangar

Tempat wisata ini ada di ketinggian 3.000 meter di atas dari permukaan laut, pemandian tersebut mempunyai suasana yang sejuk dan cukup nyaman. Lain dari itu, lebatnya pepohonan yang mengitari pemandian ini menjadikan kesan terlihat asri dan permai di tempat wisata tersebut. Pemandian air panas Cangar ini terletak di area Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Tak hanya menikmati hangat yang alami, kalian juga dapat melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area hutan ini.

Salah satu contoh fauna yang menempati dan tinggal di sekitar wilayah hutan ini yaitu Lutung Jawa. Perasaan nyaman ketika kalian berendam akan terasa semakin nikmat, karena akan di temani dengan kicauan burung yang bersahutan satu dengan lainnya. Kalian pun otomatis akan merasa betah dan bertahan berendam dengan lama atau hanya untuk bermain – main air di tempat pemandian air panas ini.

5. Loka Wiyata Surya

Loka Wiyata Surya menarik untuk di kunjungi karena kawasan ini memiliki keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk, terdapat air terjun banyu adem, air terjun slumprit, dan camping ground, taman rusa, dan arboretum. Aktifitas yang dapat dilakukan yakni Pendakian gunung Pundak, Family camping, Bina cinta alam / outbound, Fun hiking, Forest bathing.

6. Panorama Petung Sewu

Merupakan wana wisata terbaru di Tahura Raden Soerjo. Lokasinya terletak di desa Pacet Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Teman-teman yang berkunjung kesini akan diberi keindahan pemandangan alam Tahura berupa spot-spot foto berlatar belakang pegunungan dan air terjun. Pada lokasi ini juga dapat ditemui hutan bambu alami serta aliran sungai yang relatif jernih dengan ketinggian 1.500 mdpl.

7. Air Terjun Tretes

Sobat ingin berlibur ke Air Terjun Tretes, bisa menggunakan kendaraan pribadi. Ada 2 jalan atau pintu masuk, yaitu Kabupaten Jombang, tepatnya Desa Galeng Dowo Kecamatan Wonosalam, dan Kabupaten Kediri tepatnya Desa Medowo, Kecamatan Kandangan. Dua jalan ini dikarenakan Air Terjun Tretes sendiri terletak di Kabaputan Jombang yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri.

8. Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang Merupakan air terjun yang cukup tinggi di Obyek Wisata Alam Taman Hutan Raya Raden Soerjo, yang secara administratif berada di Desa Sensi Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto.

9. Air Terjun Kembar Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo atau Coban Kembar Watu Ondo berada di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, dua air terjun yang saling berhadapan. Yang sebelah kanan memiliki ketinggian 15 meter sedangkan kembarannya mencapai 69 m.

Aksesibilitas

Jaringan jalan yang mendukung lancarnya perhubungan merupakan sarana yang sangat penting, kawasan Taman Hutan Raya, Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Jombang.

  1. Route Malang – Batu Sumber Brantas – Jurang Kwali – Cangar ±38 km. Kendaraan Jeep/Sedan dapat mencapai daerah Cangar sedangkan Bus hanya sampai di Batu, karena jalan sempit dan berliku-liku.
  2. Rute – Mojokerto – Pacet – Cangar ±30 km. Kendaraan Jeep/Sedan dapat mencapai daerah Cangar, dari arah ini jalan kendaraan melalui Kawasan Taman Hutan Raya.
  3. Route Surabaya – Pandaan – Prigen – Tretes ±74 km. Kendaraan umum sampai Tretes selanjutnya berjalan kaki menuju Pondok Welirang, Padang Rumput Lalijiwo terus ke Gunung Welirang.
  4. Route Jombang – Wonosalam – Plumpung – Pengajaran – Wonosari ±57 km, kendaraan sampai Pengajaran dilanjutkan berjalan kaki sampai Air Terjun Tretes.
  5. Route Mojokerto Pacet – Trawas – Prigen – Tretes ±47 km, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Pondok Welirang/sarana Lalijiwo, Gunung Welirang.
  6. Route Pandaan – Dayurejo – Tulungnongko ±19 km, kendaraan sampai di Tulungnongko melalui jalan Makadam selanjutnya berjalan kaki sampai Pertapaan Indrokilo (22 km)
  7. Route Pandaan – Purwosari – Tambaksari – Tambakwatu ±16 km, kendaraan sampai di Tambakwatu (batas hutan) dilanjutkan berjalan kaki sampai Pertapaan Abiyoso (22 km).

Informasi lebih lanjut hubungi

Peta tahura Soerjo

Tahura Raden Soerjo
Jl. Simpang Panji Suroso No.144, Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126
Telp.:  (62341) 483254
Email: tahuraradensoerjo@gmail.com
Website: https://tahuraradensoerjo.or.id

Jam Operasional
Senin – Kamis, 07.00 – 15.30
Jumat, 07.00 – 14.30

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Panjat Tebing Bukit Ciampea Kabupaten Bogor untuk Pemula

Tue Feb 2 , 2021
Bukit kapur Ciampea (https://alidesta.wordpress.com) Tebing Bukit Ciampea merupakan bukit kapur terletak di desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, disebelah selatan pusat kota Bogor. Tebing ini memiliki ketinggian mulai dari 30 sampai 50 meter dan ada lima jalur pendakian yang sudah tersedia. Jalur pendakian Ciampea memiliki tingkat kesulitan […]