Surabaya Bangun Penunjuk Wisata Berbasis GPS

Pemerintah Kota Surabaya akan membangun penunjuk wisata berbasis “global positioning system” (GPS) atau sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa mengatakan, selama ini penunjuk jalan untuk tempat-tempat wisata di Surabaya masih minim sehingga perlu dibentuk piranti GPS untuk memudahkan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Negara-negara di Eropa kebanyakan sudah memakai GPS. Ini yang akan kita terapkan,” katanya.

Menurut dia,kondisi di Surabaya tidak lepas dari struktur jalan yang banyak bercabang sehingga sulit dipasang banyak tanda. Tentunya hal ini menyulitkan wisatawan yang keluar dari Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk mencari tahu lokasi wisata di Kota Pahlawan.

Jika pemasangan tanda untuk wisatawan dilakukan secara manual, lanjut dia, maka biaya yang dikeluarkan pemkot cukup banyak. Sehingga alternatifnya, kata Risma, pemkot sedang mengarap petunjuk wisata serta layanan publik berbasis GPS.

Arsitektur Sistem (https://tugaskombar.blogspot.co.id/)

“Dengan GPS wisata, para wisatawan tinggal membuka ponselnya untuk mencari destinasi wisata di Surabaya,” ujarnya.

Risma mengatakan saat ini pihaknya sedang membahas pola GPS itu dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya. “Dalam waktu dekat ini akan selesai,” ujarnya.

Adapun tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di antaranya wisata rekreasi meliputi  Taman Remaja Surabaya dan Taman Hiburan Rakyat. Sedangkan wisata alam seperti  Kebun Binatang Surabaya, Pantai Ria Kenjeran, Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Perkembangan Jurang Kuping.

Wisata Bahari meliputi Pelabuhan Kalimas dan Akademi Angkatan Laut. Adapun Wisata Religi seperti Masjid Al Akbar, Masjid Agung Sunan Ampel, Masjid Muhammad Cheng Ho, Gereja Kristen Indonesia, Gereja Katholik Santa Perawan Maria, Pura Jagad Karana dan lainnya.

Wisata Belanja meliputi Kya-kya, Plaza Tunjungan, Mall Galaxy, Plaza Surabaya, City Of Tomorrow, Surabaya Town Square, Jembatan Merah Plaza, Plaza Marina, Tunjungan Electronic Center, ITC Mega Grosir, Royal Plaza,Pakuwon Trade Center (PTC) dan Supermal Pakuwon Indah (SPI), Pusat Grosir Surabaya, Pasar Bunga Kayoon dan Pasar Bunga Bratang.

Sumber : Antara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Banjarasri (Dewi Asri) Kulonprogo Yogyakarta

Fri Jul 5 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Balai Desa Banjarsari (https://www.majalahtopik.co.id) Desa Wisata Banjarasri (Dewiasri) terletak sekitar 35 kilometer sebelah barat Kota Yogyakarta. Desa yang berada di wilayah Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo ini untuk menghilangkan kepenatan. Salah satu yang ditawarkan oleh desa ini adalah kondisi alam yang unik, segar, asri, dan hijau. Selain […]