Stasiun Lempuyangan Danurejan Yogyakarta

Stasiun Lempuyangan Yogyakarta (https://jogja.tribunnews.com)

Merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kelurahan Bausasran, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan di tetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Gubernur No. 120/KEP/2010dan Perda DIY No 188 Tahun 2014.

Stasiun ini diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Peresmian stasiun ini sekaligus menandakan masuknya kereta api pertama kali di kota Yogyakarta. Hal tersebut menunjukkan bahwa Stasiun Lempuyangan adalah stasiun kereta api yang paling tua di kota Yogyakarta. Stasiun ini pertama berdiri di Yogyakarta, baru 15 tahun kemudian diresmikan Stasiun Tugu.

Stasiun Lempuyangan Yogyakarta (https://jogjaasik.com)

Pada awalnya rute kereta api yang ada hanya meliputi Yogyakarta sampai Semarang. Sampai pada akhirnya seiring perkembangan jaman rute semakin bertambah dan meluas keseluruh wilayah Jawa seperti yang dapat kita nikmati sekarang. hampir seluruh wilayah di pulau Jawa telah terhubung dengan rel-rel kereta api yang membentang panjang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa.

Sampai saat ini Stasiun Lempuyangan dikenal sebagai stasiun kereta api kelas ekonomi. Artinya stasiun ini melayani kereta-kereta kelas ekonomi. Namun demikian tidak dapat kita pungkiri latar belakang sejarah dari keberadaan stasiun kereta api yang cukup berperan besar bagi awal munculnya kereta api di Yogyakarta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kawasan Pengok Gondokusuman Yogyakarta

Sun Jul 4 , 2021
Komplek Hunian Dinas Balai Yasa Pengok Kawasan atau Kampung Pengok terletak di kelurahan Demangan, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta, D. I. Yogyakarta. Pada kampung ini terdapat empat buah RW (Rukun Warga) yang masing-masih terdiri dari empat RT (Rukun Tetangga), sehingga memiliki total 16 RT. Sejak awal pembangunan Balai Yasa Pengok pada […]