Sejarah Permainan Tradisional Egrang Batok

8b3c6-batokkelapa Egrang Batok (https://www.mainyuk.byethost14.com)

Permainan Egrang Batok atau Batok Kelapa, yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan ini, biasanya dimainkan oleh suku Bugis. Bagi suku Bugis sendiri permainan ini dikenal dengan nama Majjeka, yang berasal dari kata jeka yang artinya jalan.

Egrang Batok, mungkin untuk anak-anak pedesaaan zaman dahulu nama itu bukan nama yang asing. Bahkan anak-anak pedesaan sangat fasih bermain egrang sederhana tersebut. Akan tetapi saat ini, sangat jarang ditemui anak-anak yang memainkan Egrang Batok, mahkan mungkin banyak anak yang tidak mengetahui bagaimana bentuk Egrang Batok.

29194-engrangbatok Engrang Batok (https://omahdolanan.com)

Banyak manfaat yang bisa diambil dari Egrang Batok ini. Diantaranya memberikan kegembiraan pada anak, mengasah kreativitas anak serta melatih motorik halus dan motorik kasar anak. Selain itu, Egrang Batok juga melatih semangat anak dan mengajarkan anak untuk dapat memanfaatkan bahan di sekitar.

Untuk membuat Egrang Batok cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasaran. Hanya dengan bahan tempurung kelapa atau yang familiar disebut batok, tali dan alat untuk melubangi batok, kita sudah dapat membuat Egrang Batok.

Cara membuat Egrang Batok

  1. Siapkan 2 batok kelapa yang sudah dibersihkan. Pilih batok kelapa yang tua agar kokoh dan tidak mudah pecah. Kemudian bentuk batok kelapa tersebut menjadi setengah lingkaran.
  2. Amplas batok kelapa tersebut sampai halus dan bersih dari serabut kelapa. 3. Lubangi batok kelapa tersebut dengan paku atau pisau pas di tengah-tengah.
  3. Siapkan juga tali sebagai pengait antara 2 batok tersebut. Pilih tali yang kuat dan tidak membuat sakit pemain Egrang Batok.
  4. Kaitkan batok yang sudah dilubangi tersebut dengan tali. Ikatkan ujung tali pada batok dan ikatkan ujung tali yang satunya pada batok yang kedua. Sesuaikan panjang tali dengan penggunanya agar nyaman digunakan, biasanya panjang tali 1,5 – 2 meter.
  5. Egrang Batok jadi dan siap untuk digunakan.

4d104-batokkelapa2 (httpss://www.mainyuk.byethost14.com)

Cara Permainan

Berlomba secepat mungkin berjalan menggunakan batok kelapa tadi dari satu sisi lapangan ke sisi lapangan lainnya. Orang yang paling cepat dia lah yang menjadi pemenangnya.

Sumber:

1. Mainyuk
2. Omahdolanan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sejarah Permainan Tradisional Benthik

Wed Jan 15 , 2014
Permainan Benthik Banyak orang bilang, masa anak-anak adalah masa paling indah. Masa penuh ceria bersama teman-teman sebaya. Bermain, bercanda, tertawa, berekspresi bebas, menikmati indahnya dunia ala anak-anak. Tanpa intrik dan tipu muslihat. Polos, jujur, lugu, apa adanya, tanpa rekayasa. Dunia anak-anak bak surga dalam siklus kehidupan manusia. Indah untuk dikenang, […]