Sanggul Rangkap Kalimantan Selatan

Sanggul rangkap (https://budaya-indonesia.org)

Sesuai namanya maka bentuk sanggul rangkap ini ialah “rangkap” atau susun agak bulat, terletak dipuncak kepala, besar bagian bawah agak mengecil ke atas atau di atas.

Kelengkapan

Sanggul rangkap (https://budaya-indonesia.org)

Untuk kelengkapan sanggul rangkap, biasa dikenakan sekaligus busananya yang disebut “Baju Rangkap”, yaitu terdiri dari: kain sarung yang mempunyai motif sulaman “naga-nagaan” terletak pada bagian bawah, serta “kembang-kembang” bagian atasnya. Baju kebaya berwarna putih, berenda, agak tipis.

Kebaya luar, yang biasanya terbuat dari bahan beludru dengan sulaman emas/perak pada pinggirnya, berwarna-warni. Jadi bila memakai baju-rangkap sebaiknya tata rias sanggulnya juga “sanggul rangkap” dan sebaliknya.

Ornamen

Ornamen atau perhiasan yang digunakan adalah:

a. Bunga Melati, melati ini dirangkai secara “karang Jagung” yaitu dibuat dengan mempergunakan sebatang lidi yang masih basah/muda (janur), panjang kira-kira 50 cm, dililit sekitar sanggul.
b. Kembang Goyang Rangkap, 1 atau 2 buah ditusukkan pada tengah sanggul di atas.

Peralatan

Peralatan yang digunakan

a) Sisir, Sisir sikat.
b) Jepit rambut.
c) Cemara 100-125 cm.
d) Harnal.
e) Hair spray.

Cara pembuatan

Sanggul rangkap

a. Pada pemakaian sanggul ini, rambut asli gadis-gadis jaman dahulu adalah panjang sehingga tidak memerlukan rambut/ cemara tambahan. Tetapi sekarang kebanyakan berambut pendek, dapat dipergunakan sebuah cemara yang berukuran 1 meter atau bila menggunakan cemara kurang dari 1 meter harus 2 buah.
b. Rambut asli bagian depan dapat dibuat “sunggaran” (Jawa) ke atas, lalu setelah dibuat pengikat tepat dipuncak/crown kepala cemara disisipkan, lingkar ke kiri buat bulatan lalu ujung cemara ditarik dari dalam membuat lingkaran lagi hanya lebih kecil dari bawah, maka terbentuklah sanggul rangkap ini.

Sumber: Tata Kecatikan Rambut Jilid 2 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Oleh Rostamailis, dkk, Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional 2008

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sanggul Jambul Lipet Dayak Kalimantan Tengah

Fri Aug 13 , 2021
Sanggul jambul lipet (https://slideplayer.info) Sanggul Jambul Lipet berasal dari daerah Kalimantan Tengah, tepatnya daerah Dayak. Wanita Dayak dalam merawat rambutnya benar- benar secara tradisional, artinya mereka memperolehnya dari ladang/ hutan disekitar tempat tinggal. Oleh karena itu rambut wanita Dayak tumbuh dengan subur. Peralatan Peralatan yang digunakan a. Sisir, Sisir sikat. […]