... (several lines of code) ... https://optimize.google.com/optimize/home/#/accounts/175585813/

Sanggul Pusung Tagel Bali

Sanggul Pusung Gonjer untuk wanita belum menikah

Sanggul rambut di Bali dinamakan pusung, ada dua jenis pusung, yakni pusung gonjer untuk perempuan yang masih lajang dan pusung tagel untuk perempuan yang sudah menikah.

Pusung Tagel merupakan sanggul klasik adat Bali yang dipakai oleh wanita yang telah bersuami. Biasanya para wanita bersanggul saat beribadah dan menghadiri acara tertentu, bagian kiri disebut penyawat sanggul yang berbentuk bulatan dinamakan batun pusungan yang terletak di sebelah kanan penyawat adalah tagelan. Sanggul adalah istilah yang mendeskripsikan penataaan rambut dengan bentuk dan gaya tertentu yang memberikin tanda khusus pada seseorang di suatu daerah Untuk adat Bali sendiri terdapat berbagai variasi hiasan yang bisa membedakan status penggunanya dan sanggul ini diperuntukkan bagi wantia yang sudah menikah atau sudah mempunyai suami.

Sanggul Pusung Tagel (http://baca.co.id)

Cara memasang pusung tagel

  1. Siapkan alat-alat dan bahan yang dipergunakan seperti karet rambut, sisir sasak, sisir penghalus, jepit hitam yang kecil, jepit bebek, cucuk, arnet, hairspray, dan sanggul Bali.
  2. Pertama, rambut dibagi dua. Rambut bagian belakang diukur dengan aturan lima jari kemudian diikat dengan karet sampai kuat.
  3. Kemudian sasak rambut bagian depan dengan sisir sasak. Tujuan rambut disasak,  agar lebih  bervolume dan hasilnya lebih indah. Sasak sebaiknya menyesuaikan bentuk wajah.  Sasak bagian depan rambut dibuat tinggi bagi yang memiliki wajah bulat. Sedangkan,  sasak pada bagian pinggir atau sunggar datar saja. Sementara, bagi yang memiliki wajah lonjong sasak depan rambut dibuat rendah, sedangkan bagian pinggir rambut dibuat sunggar yang agak tinggi.
  4. Lapis demi lapis rambut depan disasak sampai batas pertumbuhan rambut. Hasil sasakan harus padat dan gembur. Kemudian hasil sasakan dihaluskan dengan sisir halus. Mulai dari bagian sisi kiri dan kanan dihaluskan, kemudian dijepit dengan jepit bebek.
  5. Kemudian beri hairspray agar sasak bertahan lama.
  6. Sisa rambut dirapikan dengan jepit hitam kecil. Kemudian pergunakan arnet untuk membungkus rambut bagian belakang dan dijepit yang rapi.
  7. Pasang sanggul dengan cucuk dan bantu dengan beberapa jepit rambut kecil agar sanggul kuat.
  8. Beri sentuhan hairspray agar sanggul lebih rapi.
  9. Kemudian angkat jepit bebek pelan-pelan, dan rapikan dengan tangan.

Sumber: cybertokoh

Share and Enjoy !

0Shares
0

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sanggul Samuu Mbanta NTB

Fri Jan 8 , 2021
Pakaian adat Nusa Tenggara Barat dengan khas sanggul Samuu Mbanta (https://belajartop.com) Penataan rambut penduduk Nusa Tenggara Barat sangat dipengaruhi oleh budaya penduduk pendatang, dimana yang paling banyak berpengaruh adalah budaya serta kesenian dari Bali dan Sulawesi, disamping etnis Samawa dan etnis Mbojo. Hubungan antara penduduk asli dan pendatang sangat baik […]