Peune (Piring) Aceh

Peune bentuknya seperti piring dan ukurannya pun sebesar piring makan, sebagai bahan bakunya untuk membuat peune dipergunakan tanah liat.

Fungsi yang paling utama dipergunakan sebagai piring tempat makan. Dalam kegiatan, dapur peune juga berfungsi sebagai tempat menggiling bumbu masak yang bersifat lunak seperti asam sunti (asam belimbing), cabe rawit dan lain-lain. Selain itu kadang-kadang difungsikan juga sebagai tempat untuk memeras santan kelapa.

Peune dapat diperoleh dengan cara membeli di pasarpasar atau menukarkan dengan barang-barang lain pada saat penjaja membawa ke kampung.

Sumber: Peralatan Dapur Tradisional Aceh, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Daerah Istimewa Aceh, 1993/1994

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batee Lada (Batu Giling) Aceh

Wed Jan 8 , 2020
Batee lada adalah sejenis batu gilingan yang dapat menghancur lumatkan segala jenis bumbu masak seperti lombok, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan lain sebagainya. Batee lada terbuat dari sejenis batu yang dipahat sedemikian rupa dengan menambah sebuah batu bulat panjang sebagaipenggilingnya. Batu bulat panjang ini disebut aneuk batee lada. Panjang […]