Permainan Tradisional Aceh

e1b43-ms-permainan-tradisional Perangko Permainan Anak Tradisional Edisi Tahun 2001 (https://filatelisindonesia.wordpress.com)

Propinsi Aceh mempunyai unsur-unsur kebudayaan yang khas di antaranya permainan tradisional anak-anak. Permainan tradisional yang terdapat di daerah ini merupakan khasanah budaya yang telah mereka terima dari generasi sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu sarana sosialisasi dari anggota masyarakat yang menjadi pendukungnya. Karena itu, permainan tradisional anak-anak mempunyai arti dan kebudayaan tersendiri di dalam masyarakat.

Sahabat GWI Indonesia Banget, Alhamdulillah mendapat e-book Permainan Anak-Anak Daerah Istimewa Aceh, penerbitnya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Jakarta 1985.

Ilustrasi Permainan Ghieng-Ghieng Asee (https://yuzarpurnama.blogspot.co.id)

 

  1. Kapai-Kapai Inggreh
  2. Makah-makah
  3. Pepilo
  4. Kekuriken
  5. Kis-kisen
  6. Jangut Ngkurik
  7. Meu Geunteut-Geunteut
  8. Ghieng-Ghieng Asee
  9. Meu Een Aceue
  10. Meu Creek
  11. Meu Som-som Aneuk
  12. PehKayee
  13. Meu Som-som Talo
  14. Meuen Geuti
  15. Mesen-mesen
  16. Meupet-pet Nyet
  17. Meuen Kom
  18. Meu Een Kandang

Semoga bermanfaat.

Sumber: Permainan Anak-Anak Daerah Istimewa Aceh oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta 1985 (E-book)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Permainan Tradisional Kapai-Kapai Inggreh Aceh

Tue Mar 1 , 2016
Ilustrasi Permainan ini dapat dijumpai di Aceh, terutama pada kelompok etnis Aceh dan kelompok etnis Aneuk Jame yang berlokasi dibagian Kabupaten Aceh Selatan. Jadi, lokasi/tempat permainan ini dijumpai selain di bagian pesisir Aceh (pesisir Utara dan pesisir Timur) juga di pesisir bagian Barat (termasuk Kabupaten Aceh Selatan sekarang), yang masing-masing […]