Permainan Tradisional Ayunan Kayu

fa667-permainan2btradisional2bayunan2bkayuPermainan Tradisional Ayunan Kayu (https://fotokita.net)

Desa Wisata Adat Tenganan adalah salah satu desa kuno di Bali penduduknya yang disebut dengan Bali aga atau Bali asli. Jika anda suka dengan wisata tradisi dan budaya nampaknya wisata ke Desa Tenganan ini wajib anda kunjungi jika berlibur ke Bali.

Tradisi yang terkenal disini adalah perang pandan yang sudah sangat dinanti-natikan oleh wisatawan mancanegara (Wisman) maupun Domestik (Wisnus), di sela-sela Perang Pandan juga menampilkan tradisi unik lainya yaitu bermain ayunan tradisional yang menjadi warisan leluhur.

8aad1-0qvffnc Permainan Tradisional Ayunan Kayu (https://bali.tribunnews.com)

Ayunan dimainkan oleh delapan orang daha (wanita) gadis-gadis ini mengenakan kain rangrang berwarna kuning ke-emasan para gadis kemudian menempati tempat duduk di dalam ayunan yang terpasang di halaman desa.

Sedangkan di sisi kanan dan kiri tiang ayunan dua orang petugas dari pemuda desa telah siap untuk memutar ayunan yang diisi oleh delapan orang daha tersebut. Arah putaran nya pun tidak boleh sembarangan yaitu tiga kali ke arah selatan dan tiga kali ke arah utara, begitulah cara kerja permainan ayunan ini masing-masing minimal harus dilakukan tiga kali putaran.

Sumber: Actiontourbali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Permainan Tradisional Sumpitan

Mon Dec 7 , 2015
Wanita-wanita perkasa penyumpit dari Kalimantan Timur (https://fornasindonesia.wordpress.com) Salah satu permainan tradisional Indonesia yang telah menjadi permainan olahraga yang dilestarikan adalah sumpitan atau menyumpit, menyumpit atau sumpit pada jaman dahulu digunakan oleh suku-suku tertentu di pedalaman khususnya kalimantan, sebagai senjata, baik untuk berburu atau mempertahankan diri, biasanya sumpitan ini memiliki mata […]