Permainan Rangku Alu Manggarai NTT

Permainan Rangku Alu (https://www.damaruta.com)

Permainan Rangku Alu merupakan permainan tradisional dan juga tarian dari Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Rangku Alu biasanya dimainkan sebagai syukuran dan ekspresi rasa bahagia untuk merayakan hasil panen pertanian dan perkebunan.

Biasanya pada saat bulan purnama para remaja berkumpul untuk memainkan permainan ini. Bermain Rangku Alu membutuhkan 4 orang untuk memegang empat tongkat bambu yang masing-masing bambu memiliki panjang 2 meter, memakai tongkat membentuk palang, dan menggerak-gerakkannya sementara tugas pemainnya harus melompat-lompati kotak-kotak bambu yang terbentuk dari gerakan buka tutup tanpa terjepit bambu itu sendiri.

Permainan Rangku Alu (https://www.beritabaik.id)

Pemain harus memiliki keseimbangan dan kecepatan karena semakin lama seseorang bermain semakin cepat tempo pergerakan bambu. Rangku Alu selain untuk bermain, bisa juga sebagai sarana edukasi dan pembentukan karakter diri, Grameds. Bermain rangku alu dapat melatih konsentrasi dan ketepatan dalam bertindak karena tidak hanya melompat-lompat asal.

Dalam permainan ini perlu fokus untuk mensinkronisasi gerak kaki dan gerak bambu. Jika tidak bisa fokus, nantinya kaki pemain akan terjepit bambu bahkan bisa terpeleset. Permainan rangku alu tidak hanya dimainkan oleh anak-anak. permainan ini juga bisa dimainkan oleh seluruh kalangan usia. Biasanya, rangku alu dimainkan di tanah lapang yang keras dan tidak berumput untuk menghindari pemain agaar tidak terpeleset.

Sumber: gramediablog

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kejar-kejaran Bulan Kalimantan Barat

Thu Mar 11 , 2021
Kejar-kejaran bulan berasal dari Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Permainan ini disebut sebagai kejar-kejaran bulan karena tempat permainan ini dibuat berbentuk lingkaran yang menyerupai bulan purnama. Peralatan yang dibutuhkan hanya kapur untuk menggambar area lingkaran di tempat yang telah ditentukan. Nilai yang diperoleh dari permainan ini adalah melatih kemampuan fisik […]