Perhiasan Tradisional Swarnadwipa

Pulau Sumatra merupakan pulau yang terkenal sejak dulu dengan sebutan SwarnaDwipa – Pulau Emas . Kerajaan terbesar yang menguasai pulau Sumatra adalah kerajaan Sriwijaya ( abad 7-11 M ).

Banyak sekali perhiasan yang berasal dari era Sriwijaya ini yang terpengaruh oleh budaya India, China serta agama Hindu dan Budha. Bentuk seperti lotus, makara , kala dan naga adalah ragam corak yang sering dijumpai pada jaman itu . Pemakaian batu-batuan juga mulai dikenal, walaupun masih sederhana. Pengaruh China terlihat dari motif binatang mitos yang tidak dikenal dalam kebudayaan lokal seperti burung hong, bunga peony, kupu dan figur dewa/dewi.

Hingga kini peninggalan perhiasan era Sriwijaya masih bisa dijumpai pada pada perhiasan daerah Lampung, Riau, Jambi , dan Sumatera bagian Selatan (Palembang).

Sumber: Manjushanusantara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Perhiasan Tradisional Sulawesi

Thu Jul 9 , 2015
Sulawesi terutama di bagian selatan dan tenggara terkenal dengan pengrajin emasnya, tak terkecuali perhiasan. Salah satu ciri khas nya adalah perhiasan dengan teknik filigree/ pilinan yang sangat rumit dan detail. Perhiasan Sulawesi banyak dipengaruhi oleh budaya Hindu, Budha serta Islam yang masuk tahun 1605. Banyak perhiasan Sulawesi memiliki gaya dan […]