Panjat Tebing Bukit Ciampea Kabupaten Bogor untuk Pemula

Bukit kapur Ciampea (https://alidesta.wordpress.com)

Tebing Bukit Ciampea merupakan bukit kapur terletak di desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, disebelah selatan pusat kota Bogor. Tebing ini memiliki ketinggian mulai dari 30 sampai 50 meter dan ada lima jalur pendakian yang sudah tersedia. Jalur pendakian Ciampea memiliki tingkat kesulitan yang cukup mudah, sehingga cocok di jadikan sebagai tempat latihan para pemula.

Selain itu anda juga dapat mencoba wisata sejarah di petilasan purbakala, Ciaruteun, kampung wisata Cinangneng di Desa Cihideung Udik. Lokasi ini menyediakan atraksi wisata suasana pedesaan, seperti aktivitas menanam dan memanen padi, membajak sawah dan atraksi hiburan kesenian tradisional Sunda.

Karakter

Struktur batuan di tebing ciampea berjenis limestone banyak terdapat di kawasan karts, terdiri dari butiran-butiran kapur yang halus berwarna putih sedikit keabu-abuan, permukaan tebing memiliki banyak lubang dan rekahan (crack) sangat sesuai sebagai tempat pemanjatan.

Tebing Bukit kapur Ciampea (https://www.superadventure.co.id)

Jalur

Tebing ciampea memiliki ketinggian antara 5 meter – 30 meter, ada beberapa jalur yang membentang mulai dari sisi kiri sampai kanan tebing sebagian besarnya adalah jalur untuk sport climbing namun ada juga jalur untuk artificial climbing, dengan tingkat kesulitan antara 5,8 sampai 5,12. Dibawah ini setidaknya ada 13 jalur yang ada di tebing ciampea antara lain :

 

  1. Jalur ‘Putih’ dengan tingkat kesulitan 5.8 dan tinggi 5 meter
  2. Jalur ‘Revolution’ dengan tingkat kesulitan 5.12 dan tinggi 11 meter
  3. Jalur ‘Kambing’ dengan tingkat kesulitan 5.9 dan tinggi jalur 11 meter
  4. Jalur ‘Westbank’ dengan tingkat kesulitan 5.11 dan tinggi jalur 7 meter
  5. Jalur ‘Tiga bor’ dengan tingkat kesulitan 5.11 dan tinggi jalur 5 meter
  6. Jalur ‘Intifada’ dengan tingkat kesulitan 5.12 dan tinggi jalur 5 meter
  7. Jalur ‘Bicycle’ dengan tingkat kesulitan 5.10 dan tinggi jalur 7 meter
  8. Jalur ‘Taliban’ dengan tingkat kesulitan 5.11b dan tinggi jalur 9 meter
  9. Jalur ‘Toke’ dengan tingkat kesulitan 5.9 dan tinggi jalur 7 meter
  10. Jalur ‘Strawberry’ dengan tingkat kesulitan 5.8 dan tinggi jalur 8 meter
  11. Jalur ‘Tiram’ dengan tingkat kesulitan 5.8 dan tinggi jalur 7 meter
  12. Jalur ‘Momen in time’ dengan tingkat kesulitan 5.11 dan tinggi jalur 4 meter
  13. Jalur ‘Tangga’ dengan tingkat kesulitan 5.7 dan tinggi jalur 15 meter

Aksesbilitas

Dari pusat kota Bogor tebing ini hanya berjarak 15 kilometer, akan tetapi untuk ke lokasi ini bisa saja menghabiskan waktu selama 1 jam perjalanan karena jalanan bogor yang macetnya sudah terbilang parah. Dimana tebing ini bersebelahan dengan salah satu kebun milik warga sebaiknya meminta izin  terlebih dahulu pada pemilik kebun. Untuk sampai di kaki tebing anda harus berjalan lebih kurang 1 kilometer dengan medan menanjak dan masih dipenuhi semak belukar.

Sumber: nadoutdoorlife

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Spot Panjat Tebing di Indonesia

Tue Feb 2 , 2021
Tebing pantai Siung Bantul DIY Olahraga panjat tebing (rock climbing) merupakan salah satu olahraga bebas yang tergolong ekstrem, termasuk bagian dari mendaki gunung.. Namun, kondisi tersebut bisa diminimalisir bahkan bisa menjadi olahraga yang aman dan bersahabat bagi siapa saja. Olahraga ini juga tidak memandang umur, jenis kelamin serta status sosial. […]