Pakaian Adat Kalimantan Barat

Keberadaan pakaian adat merupakan warisan budaya bangsa yang menggambarkan kemajuan sebuah peradaban pada masing-masing daerah di Indonesia dan memiliki nilai sejarah, sosial, serta nilai pengetahuan yang penting. Salah satunya adalah pakaian adat king baba dan king bibinge yang dikenakan oleh masyarakat suku Dayak di Kalimantan Barat. Pakaian adat yang digunakan oleh masyarakat Kalimantan Barat terbuat dari bahan kayu yang diproses menjadi lunak seperti bahan kain. Bahan yang dapat difungsikan sebagai bahan kain untuk membuat celana, baju, dan selimut ini disebut dengan nama kapua atau ampuro. Konon kemampuan mengolah kayu tersebut diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Sumber : https://ianspace.wordpress.com

Pakaian Adat King Baba

Dalam adat Kalimantan Barat, pakaian yang diperuntukkan bagi kaum pria dikenal dengan nama king baba. Pakaian ini terdiri dari dari tutup kepala berhiaskan bulu burung enggang, baju tanpa lengan, celana panjang dan ikat pinggang antara batas lutut dan kain.

Pakaian Adat Kalimantan Barat 

Sumber : https://ianspace.wordpress.com

Pakaian Adat King Bibinge

Sementara pakaian adat yang diperuntukkan bagi kaum wanita dalam adat Kalimantan Barat dikenal dengan sebutan king bibinge. Pakaian ini terdiri dari kain penutup dada serta lapisan kain yang berfungsi sebagai stagen, ditambahkan pula acessories berupa manik-manik, kalung, gelang dan perhiasan kepala yang terbuat dari bahan berupa bulu burung enggang pada bagian kepala.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

https://media-kalimantan.blogspot.com

Oleh masyarakat Kalimantan Barat pakaian adat biasa digunakan dalam setiap upacara penting seperti upacara keagamaan. Jenis pakaian yang dikenakan oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa baik pria maupun wanita sama dengan pakaian dipakainya pada waktu peristiwa upacara sosial. Untuk orang dewasa yang bertindak sebagai balian (dukun) pada saat penyelenggaraan upacara keagamaan atau kepercayaan biasanya memakai pakaian baju hitam dan celana panjang.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Sumber : https://akucintanusantaraku.blogspot.com

Selain pakaian adat king baba dan king bibinge masih banyak jenis-jenis pakaian adat yang dipandang begitu berharga oleh masyarakat Kalimantan Barat yang pemakaiannya dapat disesuaikan berdasarkan kegiatan yang mereka lakukan, hanya saja keberadaannya mulai sedikit terpinggirkan. Kondisi inilah yang perlu mendapat perhatian serius agar pakaian adat tradisional Indonesia tetap terjaga kelestariannya.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Sumber : https://jonijuliadi123.blogspot.com

Simak terus pembahasan mengenai pakaian adat tradisional Indonesia lainnya dari kami. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Purity Transcendence di Indonesia Fashion Week 2014 (Photo)

Tue Jun 10 , 2014
Model membawakan rancangan karya sejumlah desainer dengan tema “Purity Transcendence” pada Indonesia Fashion Week 2014 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Jumat (21/2/2014). Pergelaran mode yang berlangsung 20-23 Februari 2014 tersebut melibatkan lebih dari 500 brand/desainer. Model mengenakan rancangan karya Rya Barbara pada Indonesia Fashion Week 2014 di JCC, Jakarta, Jumat […]