Pahlawan Pariwisata, Berjuang Demi Liburan Kamu yang Berkesan

282075ac-d1f0-443b-b771-4b79453c4a19_169 Para pahlawan pariwisata

Di balik liburan yang penuh kenangan, ada tangan-tangan yang memastikan wisatawan nyaman dan punya pengalaman menarik. Mereka adalah para pahlawan pariwisata.

Di garda depan pariwisata Indonesia ada manusia-manusia luar biasa yang menjadi ujung tombak untuk berhubungan langsung dengan wisatawan. Mereka terbagi dalam berbagai profesi.

Kita melihat mereka tanpa menyadari betapa besar jasa mereka dalam liburan yang kita lakukan. detikTravel sepanjang Kamis (10/11/2016) untuk menyambut Hari Pahlawan, akan mengupas kisah para pahlawan pariwisata.

Kamu mungkin tidak mengenal nama mereka. Mungkin hanya senyumnya yang melintas ketika berpapasan dengan kita. Namun tanpa kehadiran mereka, liburan bisa berantakan.

Ini saatnya untuk angkat topi dan acungkan jempol kepada para pemandu wisata, petugas kebersihan, seniman jalanan, dive guide, polisi pariwisata, ranger taman nasional, porter gunung, keeper hewan dan masih banyak lagi profesi pariwisata lain. Mereka adalah pahlawan untuk memastikan wisatawan mendapatkan pengalaman traveling yang berkesan.

Sebelum para turis berdatangan ke Pantai Kuta, Bali, ada para penyapu yang berjibaku membersihkan sampah. Saat mendaki Gunung Rinjani, ada para proter yang siap membawakan logistik para pendaki.

Saat liburan, mungkin kamu melihat polisi dengan seragam agak berbeda. Warna merah di ujung-ujung seragamnya. Itulah polisi pariwisata, yang menjaga keamanan di destinasi. Seperti halnya Pecalang di Bali atau para ranger di taman nasional.

Selebihnya adalah pahlawan-pahlawan pariwisata di bidang seni. Mereka yang menjaga adat, tradisi dan seni agar tetap bertahan dan bisa dinikmati wisatawan. Dari angklung di Bandung sampai kain tenun di Desa Sade Lombok.

Jangan lupakan pula para seniman jalanan. Mereka yang menjadi patung di Kota Tua atau para aktor performer yang kocak di Trans Studio Makassar. Semua itu demi gelak tawa dan foto-foto seru kalian semua.

Ini pula saatnya kita mengenal kisah para putra daerah di Papua. Dari pantai di Raja Ampat, sampai gunung di pedalaman Intan Jaya. Dari Papua mereka mengenalkan pariwisata Bumi Cenderawasih kepada Indonesia dan dunia.

Hari ini, dimanapun kita berada. Ayo kita ingat orang-orang yang pernah membantu liburan kita. Untuk segenap pahlawan pariwisata di Indonesia, terima kasih, terima kasih dan terima kasih..

Sumber: Travel.detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Mengenal Gaya Traveler Millennial Indonesia

Mon Nov 14 , 2016
Ilustrasi (Thinkstock) Traveler millennial adalah traveler zaman sekarang, yang sudah melek teknologi dan modern. Bagaimana sih tren dan gaya liburan mereka? Generasi millennial adalah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi yang lahir pada periode 1982-an hingga awal tahun 2000-an. Bisa juga disebut anak muda zaman sekarang, yang begitu melek dengan […]