Open Air Museum Rumah Bolon Purba Simalungun Sumatera Utara

1

Museum ini terletak di Jl. Pematang Purba,  Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Rumah Bolon Purba bersama perangkat bangunannya dibangun sekitar abad XVI oleh Raja Purba. Lokasi museum ini cukup strategis, berjarak 180 km dari Bandara Polonia-Medan dan serta sejauh 205 km dari Pelabuhan laut Belawan.

Istana Pematang Purba berdiri diatas tanah atau bukit atau dataran tinggi yang dikelilingi oleh jurang dan lembah-lembah serta dibatasi oleh pagar tanaman bambu dan pohon-pohon besar, hal ini didasari pada suasana saat itu bahwa adanya kemungkinan serangan-serangan dari suku lain yang datang sewaktu-waktu. Dahulu untuk mencapai istana ini sangat sulit melalui terowongan tetapi saat ini sudah direhab sehingga mudah untuk dilalui.

Jenis bangunan yang ada di komplek ini antara lain: ruma bolon, bale bolon, ruma pattangan raja, ruma pattangan puang bolon, jambur, bale buttu, jabu jungga, dan ruma losung. Rumah bolon merupakan bekas istana Raja Purba yang terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian depan (lopou) yang dipakai untuk tinggal raja dan tamu-tamunya, dan bagian belakang dipakai untuk istrinya yang berjumlah 12 orang dan anak-anaknya. Rumah ini menghadap ke timur.

Selain mengetengahkan koleksi bernilai kultural, museum ini juga mengagendakan berbagai kegiatan, di antaranya ceramah dan diskusi.

Rumah Bolon Purba

Rumah Bolon Purba (https://pematang-purba.blogspot.co.id)

Konon Rumah Bolon Pematang Purba merupakan bangunan warisan Pangultop-ultop, Raja Simalungun pertama.  Istana yang dibangun pada tahun 1515 di Kecamatan Purba ini berjarak sekitar 170 kilometer dari Medan dan 70 kilometer dari Kota Pematangsiantar.

Nama-nama Raja Kerajaan Purba (https://pematang-purba.blogspot.co.id)

Di dalam Rumah Bolon Pematang Purba ini terdapat beberapa buah tanduk kerbau, tanduk kerbau tersebut merupakan tanduk kerbau yang pernah digunakan pada upacara adat Simalungun yang dipimpin langsung oleh sang raja. Bahkan jumlah tanduk yang ada di rumah Bolon mencerminkan jumlah raja yang telah memerintah.

Tanduk kerbau yang pernah digunakan pada upacara adat Simalungun (https://pematang-purba.blogspot.co.id)

Panttangan Puang Bolon (Permaisuri)

Panttangan Puang Bolon (https://harian.analisadaily.com)

Tempat permaisuri bersantai, tidak ada yang bisa duduk di sini selain permaisuri.

Bale Bolon

Bale Bolon (https://harian.analisadaily.com)

Merupakan tempat Raja mengadakan rapat.

Jambur

Jambur (https://harian.analisadaily.com)

Merupakan tempat menginap tamu raja.

Bale Buttu

Bale Buttu (https://harian.analisadaily.com)

Merupakan tempat para penjaga istana.

Losung

Losung (https://www.pinterest.com)

Tempat menumbuk padi di Rumah Bolon Pematang Purba.

Open Air Museum Rumah Bolon Purba
Pematang Purba, Kecamatan Simalungun,
Kelurahan Pematang Purba, Kabupaten Simalungun,
Sumatera Utara

Buka
Senin – Minggu: 07.00 – 17.00

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Museum Pusaka Nias Gunung Sitoli Sumatera Utara

Wed Jan 25 , 2017
Museum Pusaka Nias (https://museumku.wordpress.com) Museum Pusaka Nias terletak di Jalan Yos Sudarso 134 A, Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara. Museum ini adalah salah satu wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya Nias. Museum Pusaka Nias dikelola oleh Persaudaraan Kapusin. Museum Pusaka Nias (https://tindaktandukarsitek.com) Museum Pusaka Nias menyimpan sekira 6.500 koleksi benda bersejarah […]