Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution Menteng Jakarta Pusat

Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution (https://bartzap.com)

Museum Sasmitaloka JB (Jendral Besar) DR. Abdul Haris (A.H.) Nasution terletak di Jl. Teuku Umar No. 40, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Museum ini semula adalah kediaman pribadi dari Pak Nasution seluas 2.000 meter persegi yang ditempati bersama dengan keluarganya sejak menjabat sebagai KSAD tahun 1949 hingga wafatnya pada tanggal 6 September 2000. Selanjutnya keluarga Nasution pindah rumah pada tanggal 29 Juli 2008 sejak dimulainya renovasi rumah pribadi tersebut menjadi museum.

Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution (https://jakarta.tribunnews.com)

Di tempat ini pulalah pada tanggal 1 Oktober 1965 telah terjadi peristiwa dramatis yang hampir merenggut nyawa Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution. Pasukan Tjakrabirawa G-30S/PKI berupaya menculik dan membunuh beliau, namun hal ini gagal dilakukan. Dalam peristiwa tersebut, putri kedua beliau, Ade Irma Suryani Nation dan ajudannya, Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean gugur.

Koleksi dan Diorama

Diorama (https://m.guideku.com)

Selain koleksi pribadi keluarga Jenderal AH Nasution, museum ini juga dilengkapi dengan sejumlah diorama. terdapat diorama penyerangan AH Nasution di kamar tidurnya, penodongan senjata kepada Ibu Nas, dan penangkapan Lettu Pierre Tendean oleh pasukan Tjakrabirawa.

Diorama (https://m.beritajakarta.id)

Ruang Teater

Di kompleks itu juga ada ruang teater yang memutar rekaman bersejarah pengangkatan jenazah Pahlawan Revolusi hingga pemakaman ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Museum Nasional Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution diresmikan pada hari Rabu, 3 Desember 2008 (bertepatan dengan hari kelahiran Abdul Haris Nasution), oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Anda dapat mengunjungi museum ini pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB. Anda hanya perlu mengisi buku tamu dan membayar biaya perawatan museum seikhlasnya.

Informasi lebih lanjut

Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution
Jl. Teuku Umar No. 40, Menteng, Jakarta Pusat

Waktu Kunjungan:
Selasa – Kamis : 08.00-16.00
Senin: Libur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Museum Sasmitaloka Ahmad Yani Menteng Jakarta Pusat

Thu Jul 1 , 2021
Museum Sasmitaloka Ahmad Yani (https://id.wikipedia.org) Museum Sasmitaloka Ahmad Yani di Jl. Lembang Nomor D58, RT 11/RW 7, Menteng, Jakarta Pusat, atas tanah 1500 meter persegi itu. Rumah yang memiliki cat berwarna putih, bekas kediaman Ahmad Yani terlihat seperti bangunan pada umumnya. Meski begitu, cerita yang disampaikan saksi bisu G30S/PKI tersebut […]