Museum – Museum di Jakarta (2)

Museum merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, mempelajari berbagai sejarah dan warisan budaya. Pengunjung mendapat banyak manfaat saat berkunjung ke museum. Mendapatkan data sejarah dan warisan budaya; Dokumentasi penelitian ilmiah; Konservasi dan preservasi; Pengenalan dan penghayatan kesenian; serta Pengenalan budaya antar daerah dan bangsa.

Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution Menteng Jakarta Pusat
Jl. Teuku Umar No. 40, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Museum ini semula adalah kediaman pribadi dari Pak Nasution seluas 2.000 meter persegi yang ditempati bersama dengan keluarganya sejak menjabat sebagai KSAD tahun 1949 hingga wafatnya pada tanggal 6 September 2000. Selanjutnya keluarga Nasution pindah rumah pada tanggal 29 Juli 2008 sejak dimulainya renovasi rumah pribadi tersebut menjadi museum.

Museum Sasmitaloka Ahmad Yani Menteng Jakarta Pusat
Jl. Lembang Nomor D58, RT 11/RW 7, Menteng, Jakarta Pusat.

Rumah yang memiliki cat berwarna putih, bekas kediaman Ahmad Yani terlihat seperti bangunan pada umumnya. Meski begitu, cerita yang disampaikan saksi bisu G30S/PKI tersebut dapat membuat hati pilu.

Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo Tanah Abang Jakarta Pusat
Gedung Manggala Wanabakti Blok VI, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Saat awal peresmiannya museum ini bernama Museum Kehutanan Manggala Wanabakti tepatnya pada 24 Agustus 1983. Namun, sejak 5 Juni 2015 museum ini dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan secara resmi berganti nama menjadi Museum Kehutanan Ir. Djamaludin Suryohadikusumo. Museum kehutanan ini memiliki tujuan sebagai pusat informasi dan dokumentasi kehutanan di Indonesia.

Museum DPR RI Tanah Abang Jakarta Pusat
Terletak di Gedung Nusantara I Lantai 2 DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat 10270

Merupakan museum khusus yang menampilkan koleksi serta informasi mengenai sejarah lembaga parlemen di Indonesia sejak masa Hindia Belanda (dengan nama Volksraad atau Dewan Rakyat) hingga berdiri dengan nama DPR RI.

Ke halaman pertama

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Stasiun Lempuyangan Danurejan Yogyakarta

Sun Jul 4 , 2021
Stasiun Lempuyangan Yogyakarta (https://jogja.tribunnews.com) Merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di Kelurahan Bausasran, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan di tetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Gubernur No. 120/KEP/2010dan Perda DIY No 188 Tahun 2014. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 2 Maret 1872 oleh […]