Museum dr. A.K. Gani Palembang Sumatera Selatan

1

Mayjen (Purn) dr. A.K. Gani adalah seorang pemimpin dan pejuang pada masa kemerdekaan yang berasal dari Palembang. Perjuangannya telah dirintis sejak berusia 18 tahun. Pada tahun 1923 bergabung pada organisasi Jong Sumatera Bond (Pemuda Sumatera). Ia juga turut andil dalam mengikrarkan “Sumpah Pemuda” pada tahun 1928.

Untuk mengenang jasa dan pengabdian dr. A.K. Gani kepada Bangsa dan negara maka keluarga Dr. A.K. Gani, melalui Yayasan H.J.R.A. Masturah A.K. Gani mendirikan sebuah museum sebagai tempat untuk mengumpulkan, melestarikan dan memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kehidupan dr. A.K. Gani.

Koleksi

Koleksi yang ada di museum dr. A.K. Gani antara lain adalah bintang jasa, piagam, surat-surat keputusan, foto-foto perjuangan, cinderamata, peralatan rumah tangga, peralatan kantor, buku-buku referensi pribadi, dan mobil jeep.

Fasiltas

• Ruang Pamer Tetap
• Ruang Perpustakaan
• Ruang Penyimpanan Koleksi
• Ruang Administrasi
• Ruang Audio Visual

Museum dr. A.K. Gani Sumatera Selatan
Jl. Mp. Mangkunegara No. 1, Sukamaju Sako, Palembang 30168, Provinsi Sumatera Selatan
Telp. 0711- 824046

Jadwal kunjung museum
Selasa – Sabtu, 09.00 – 17.00
Minggu/libur nasional, Tutup

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan

Thu May 2 , 2019
Menara pandang dengan replika Kapal Cheng Ho (http://www.tamansriwijaya.sumselprov.go.id) Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya terletak Jl. Syakhyakirti, Karanganyar, Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyar adalah taman purbakala bekas kawasan permukiman dan taman yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang terletak tepi utara Sungai […]