Museum DPR RI Tanah Abang Jakarta Pusat

Museum DPR RI (https://indopolitika.com)

Museum ini terletak di Gedung Nusantara I Lantai 2 DPR-RI, Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat 10270, ruangan seluas 720 m² dikeola oleh Sekretariat Jenderal DPR RI, tepatnya dibawah Pusat Data dan Informasi cq Bidang Arsip dan Museum.

Merupakan museum khusus yang menampilkan koleksi serta informasi mengenai sejarah lembaga parlemen di Indonesia sejak masa Hindia Belanda (dengan nama Volksraad atau Dewan Rakyat) hingga berdiri dengan nama DPR RI.

Sejarah

Ruang Pamer Museum DPR RI

Museum DPR RI berdiri pada 16 Agustus 1991, tepat pada Sidang Umum MPR RI tahun 1991. Pendiriannya didasarkan pada niat Wakil DPR RI Periode 1987-1992, Djaelani Naro, untuk mengumpulkan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan aktivitas lembaga parlemen di Indonesia, sejak masih bernama Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) hingga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Langkah awal dari niat mendirikan museum kemudian diwujudkan dengan membentuk Panitia Kerja (Panja) Pendirian Museum DPR RI pada 13 November 1990, yang beranggotakan sepuluh orang anggota berdasarkan Keputusan Pimpinan MPR Nomor 1 Tahun 1990.

Dari Panitia Kerja tersebut kemudian berdiri Yayasan Museum DPR RI yang dipimpin langsung oleh Djaelani Naro. Segera, Yayasan Museum DPR RI melakukan kajian perencanaan, dan kegiatan kuratorial. Dalam kegiatan tersebut, Yayasan Museum DPR RI dibantu oleh berbagai pihak, antara lain: civitas akademika Universitas Indonesia, Pusat Sejarah dan Tradisi ABRI, Ditjen Kebudayaan Depdikbud RI, Yayasan Seni Rupa Indonesia, Ikatan Konsultan Indonesia, dan Himpunan Interior Designer Indonesia. Tidak sampai setahun, Museum DPR RI kemudian diresmikan oleh Ketua DPR RI Periode 1987-1992, Kharis Suhud.

Koleksi

Koleksi-koleksi baik berupa naskah, barang, dan foto yang berkaitan dengan sejarah tugas dan fungsi DPR RI. Benda-benda koleksi museum DPR RI yang ikut dipamerkan adalah mesin ketik periode Konstituante, palu sidang tahun 1982, dan bundel pembahasan RUU Pernyataan Keadaan Perang (tahun 1957-1959).

Informasi lebih lanjut hubungi

Museum DPR RI
Gedung Nusantara I Lantai 2 DPR-RI
Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat 10270
Telp. (021) 5756074
Email: bid_arsip@dpr.go.id

Waktu Kunjungan:
Senin—Jumat: pukul 09.00—15.30
Sabtu/Minggu/Hari Libur Nasional: Tutup

Sumber: wikipedia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Museum – Museum di Jakarta (2)

Fri Jul 2 , 2021
Museum merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, mempelajari berbagai sejarah dan warisan budaya. Pengunjung mendapat banyak manfaat saat berkunjung ke museum. Mendapatkan data sejarah dan warisan budaya; Dokumentasi penelitian ilmiah; Konservasi dan preservasi; Pengenalan dan penghayatan kesenian; serta Pengenalan budaya antar daerah dan bangsa. Museum Sasmitaloka JB DR. A.H. Nasution […]