Batik Motif Ceplok Sriwedari

1

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memakai jarik Motik Ceplok Sriwedai dengan desainer ternama Didiet Maulana dalam lini Svarna by Ikat Indonesia (https://www.liputan6.com)

Sejarahnya, Taman Sriwedari merupakan sebuah taman hiburan rakyat yang oleh  Sri Susunan Paku Buwana X (1893 – 1939) dihadiahkan kepada rakyat kota Solo. Sedemikian pentingnya keberadaan Taman Sriwedari pada waktu itu sehingga diabadikan menjadi nama sebuah pola atau motif Batik.

Batik motif Ceplok Sriwedari (@gpswisata)

Pada dasarnya motif Ceplok Sriwedari sama dengan Lung Slop, hanya motif ukel diganti dengan isen – isen Parangan, jadi dalam satu raport kotak, satu bermotif Lung dan yang lain bermotif Parangan. Makna motif ini adalah melambangkan kesejukan dan ketentraman batin sekeluarga. Dan motif ini bisa dipakai untuk semua status golongan masyarakat dan untuk orang yang sudah berumah tangga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Candi Ngetos Nganjuk Jawa Timur

Thu Nov 1 , 2018
Candi Ngetos, Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, sekitar 17 kilometer arah selatan kota Nganjuk. Bangunannya terletak ditepi jalan beraspal antara Kuncir dan Ngetos. Menurut para ahli, berdasarkan bentuknya candi ini dibuat pada abad XV (kelimabelas) yaitu pada zaman kerajaan (Majapahit). Dan menurut perkiraan, […]