Mobil-Mobilan dari Jeruk Bali

48b71-img_6272

Mobil-mobilan dari Jeruk Bali merupakan salah satu mainan tradisional yang dimiliki Indonesia. Mainan ini tidak diketahui dari mana asal-usulnya, namun pada jamannya (sekitar tahun 1960-an), mainan ini sangatlah populer dan digemari anak-anak dan mainan ini sangatlah ramah lingkungan, karena terbuat dari kulit jeruk bali.

Sahabat GPS Wisata Indonesia, masih ingatkah masa kecil membuat mainan sendiri, dengan bahan dari tumbuh-tumbuhan yang ramah lingkungan.

e998a-kulit_jeruk_bali_by_multyinspira-d3i0vro

Akan dicoba kembali menumbuhkan ingatan anda dalam membuat mainan anak-anak dari bahan kulit Jeruk Bali. Tentunya, permainan ini merupakan salah satu dari berbagai macam permainan tradisional Indonesia yang dapat dibuat sendiri.

01379-mobildarijerukbali

Cara Membuatnya

48b71-img_6272 Pengupasan Jeruk Bali (https://projokusumo.blogspot.com)

1. Belilah sebuah Jeruk Bali, lihat dan perhatikan penampang Jeruk Bali tersebut sebelum mengupasnya

2. Buatlah tanda dengan ujung pisau sebagai arah irisan, dari atas hingga bawah dan jadikan 1/4 bagian dari buah tersebut

41831-langkah1

3. Mulailah dengan mengiris secara perlahan (gunakan ujung pisau) atur sehingga ujung pisau hanya mengiris bagian kulitnya saja dan tidak mengiris hingga bagian dalam.

4. Bukalah irisan tersebut sehingga didapat 1/4 bagian kulit buah tersebut.

078ee-langkah34

5. Selanjutnya belahlah 1/4 bagian tersebut dengan arah memanjang menjadi 2 bagian yang sama luasnya

6. Salah satu bagian (kita sebut badan), potong salah satu ujungnya sehingga terlihat tumpul dan berilah lubang seperti terlihat pada gambar.

66ac1-langkah6

7. Lalu kemudian buatlah potongan bagian yang lainnya untuk membuat rodanya menjadi 2 buah, lalu berilah lubang namun jangan sampai tembus ke permukaan dibaliknya.

8. Pada bagian badan berilah lubang pada sisi ketebalannya hingga menembus sisi lainnya (seperti terlihat pada gambar), lalu berilah potongan sedotan plastik sepanjang kedalaman lubang tersebut.

51923-langkah8

9. Sekarang kita sudah memiliki bagian badan dan 2 buah roda, buatlah poros dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu (usahakan penampangnya sebulat mungkin) lalu potong sepanjang kedalaman poros ditambah 2 kali ketebalan kulit jeruk tersebut.

10. Saatnya mulai perakitan, rakitlah terlebih dahulu poros bambu masukkan kedalam lubang yang terdapat dibagian badan, baru tancapkan roda pada ujung poros kiri dan kanan bambu tersebut.

11. Berilah jarak antara roda dengan badan agar roda dapat berputar bebas.

c1f5b-langkah11

12. Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari pembuatan mainan yang ramah lingkungan, ikatkanlah benang pada bagian badan pada ujung tumpulnya yang telah diberi lubang sebelumnya (agar lubang tidak cepat aus tergesek benang, berilah sedotan plastik pada lubang tersebut sehingga benang tidak langsung kontak dengan bagian badan tersebut).

5cb0c-langkaghterakhir

13. Mobil-mobilan mini ini siap untuk diberikan kepada buah hati anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Senapan dari Pelepah Pisang

Wed Jun 25 , 2014
Permainan Tradisional Indonesia jaman dahulu, banyak ragamnya, seperti mainan Senapan dari pelepah daun pisang, asal usul mainan ini tidak diketahui. Permainan ini khas untuk laki-laki, untuk perang-perangan. Saat yang tepat dilakukan perang-perang kalau sedang liburan sekolah akan makin asyik saja, tempat permainan paling cocok di sekitar kebun Pisang, bila terjadi […]