Mijen Festival, Surganya Pencinta Durian

Durian (ANTARA/Basri Marzuki)

Penikmat buah durian di Kota Semarang dan sekitarnya bakal dimanjakan dengan aneka jenis durian dalam Mijen Festival Durian, 1-2 Februari 2014 nanti. Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu bakal menghadirkan aneka jenis durian dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

“Kami juga pamerkan durian unggulan Kota Semarang,” kata Ali Muhtar, Camat Mijen, Kota Semarang, kepada Tempo, Selasa, 28 Januari 2014. Selain Kota Semarang, sejumlah daerah penghasil durian, seperti Kabupaten Pekalongan, Batang, Wonosobo, dan Jepara, sudah mendaftarkan diri sebagai peserta festival. Menurut rencana, festival serupa akan digelar setiap tahun.

Dalam hajatan itu, Pemerintah Kota Semarang akan menguji penikmat durian dengan menghadirkan durian Kholil, produk andalan Kota Semarang. Durian jenis ini sudah mendapat sertifikasi dari Kementerian Pertanian.

Durian Mijen, Semarang, so leker… (https://travelingyuk.com)

“Durian Kholil adalah pemenang pertama lomba durian tahun 2008 tingkat nasional dan provinsi,” kata Ali Muhtar. Durian Kholil yang berbobot 4-4,5 kilogram dikenal dengan dagingnya yang berwarna kuning, kesat (tidak berair), dan rasanya legit. Durian ini juga diakui rendah kadar alkohol oleh ahli buah dari Institut Pertanian Bogor (IPB). “Durian ini menyerupai durian montong, ketebalan dan warnanya seperti itu,” kata ketua panitia Mijen Festival Durian, Anggoro Widiatmoko.

Acara yang digelar di ruko Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, itu diharapkan mampu menemukan varietas durian unggulan yang ada di Jawa Tengah dan Kota Semarang. Rencananya, panitia akan membuka stan makan durian sepuasnya bagi peserta dengan dipungut biaya Rp 100 ribu. “Makan sepuasnya sekali duduk, daripada beli di pasar sering ditipu. Di festival ini, kami jamin duriannya enak semua,” kata Anggoro.

Di Kecamatan Mijen, terdapat 50 kelompok petani durian dengan jumlah anggota mencapai 800 orang. Jumlahnya makin banyak jika ditambah kelompok petani dari Kecamatan Gunungpati dan Ngalian.

Festival Mijen Durian juga akan diramaikan dengan sajian makanan olahan dari buah durian, lomba makan durian, lomba mewarnai gambar buah durian, dan pentas musik. Dalam acara ini, Pemerintah Kota Semarang juga akan meresmikan tugu durian yang menjadi trade mark Kecamatan Mijen sebagai sentra durian di Kota semarang. (Edi Faisol)

Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Musim Hujan, Waspada Wisata Ekstrim

Sun Feb 2 , 2014
Gunung Merapi. ANTARA/Noveradika Wisata-wisata yang tergolong ekstrim di Daerah Istimewa Yogyakarta mmasih menjadi salah satu yang diminati wisatawan. Namun, di saat musim hujan ini, perlu diwaspadai dan perlu kehati-hatian ekstra terhadap musim yang kadang ekstrim ini. Wisata ekstrim atau semmi ekstrim antara lain lava tour di lereng Merapi, wisata pantai […]