Mengenal Bahasa Palembang

Baso Palembang (https://luthfan.com)

Bahasa Palembang adalah bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat Palembang dan memiliki kemiripan dengan bahasa daerah provinsi di sekitarnya, seperti Jambi, Bengkulu bahkan Jawa (dengan intonasi berbeda). Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu Baso Pelembang Alus atau Bebaso dan Baso Pelembang Sari-sari.

Bahasa Pelembang Alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara-upacara adat. Bahasa ini berakar pada bahasa Jawa karena raja-raja Palembang berasal dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Pajang. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.

Sementara itu, Bahasa sehari-hari dipergunakan oleh wong Palembang dan berakar pada bahasa Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang biasanya mencampurkan bahasa ini dan Bahasa Indonesia (pemilihan kata berdasarkan kondisi dan koherensi) sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.

Baso Palembang (https://twitter.com)

[spoiler= A]
• Aman / amon = kalau
Contoh: Aman kau ke sano gek, jangan lupo bawa pempek.
Arti: Kalau kamu kesana nanti, jangan lupa bawa pempek.
• Antok = menyentuh suatu benda, biasa digunakan anak kecil dalam permainan ‘gambaran’
Contoh: Kartu kau tu antok, ulang oi!
Arti: Kartu kamu itu terbentur, ulang dong!
• Asak = asalkan
Contoh: Asak kau dapet cepek, ku enjok mobil la.
Arti: Kalau kamu dapat 100, saya kasih mobil deh.
• Awak = kamu, bisa digunakan sebelum ‘kau’
Contoh: Awak kau yang salah, nak nyalahke wong.
Arti: Kamu yang salah, mau menyalahkan orang.
• Awan = siang
Contoh: Awan tadi, budak Kertapati menang lomba bidar.
Arti: Tadi siang, anak Kertapati menang lomba bidar.
___________________________________________________________

[spoiler= B]
• Bae/be = saja
Contoh: Kau bae/be la yang bayar
Arti: Kamu sajalah yang bayar.
• Balak = masalah
Contoh: Dak usah nyari balak la, kagek celako kau
Arti: Tidak usah cari masalah deh, nanti kamu celaka.
• Balek = pulang
Contoh: Aku abes ni nak balek ke rumah
Arti: Saya setelah ini mau pulang ke rumah.
• Balen = ulang
Contoh: Balen oi, mano ado maen cak tu
Arti: Ulang dong, mana ada main begitu.
• Banyu = air
Contoh: Nak minum apo? banyu putih be
Arti: Tanya : Mau minum apa? Jawab : Air putih saja.
• Baseng = terserah
Contoh: Baseng kau la, aku dak melok melok be)
Arti: Terserah kamu sajalah, saya tidak ikut (kalau terjadi masalah, saya tidak ikut kena getahnya-red).
• Basa = gawat
Contoh: Basa ni! dak pacak gawe galo
Arti: Gawah nih! Tidak bisa kerjakan semua.
• Baso = bahasa
Contoh: Ae baso inggris be dak pacak kau, cupu ni!
Arti: Ya ampun, bahasa Inggris saja kamu tidak bisa, pecundang nih!
• Bebala = bertengkar (mulut)
Contoh: Wong sebelah ni galak bebala sampe subuh
Arti: Orang sebelah suka bertengkar sampai subuh.
• Belagak = tampan, cakep, rapi
Contoh: Wew, belagak nian kau hari ni!
Arti: Wah, rapi sekali kamu hari ini!
• Belago = bertengkar saling pukul
Contoh: Budak kecik tu galak belago, laporke plisi peh?
Arti: Anak kecil itu suka berkelahi, laporkan ke polisi yuk?
• Bengak = bodoh
Contoh: Bengak nian kau ni, baco be dak pacak!
Arti: Bodoh sekali kamu ini, membaca saja tidak bisa!
• Begoco = berantem/Berkelahi
Contoh: Dak usah jingok jingok, begoco be kito!
Arti: Tidak usah lihat-lihat, berantem aja kita!
• Berejo = bersusah-susah, berusaha
Contoh: Berejo la kau! tula, diomongi dak galak denger
Arti: Berusahalah kamu! Makanya, di beri tahu tidak mau dengar.
• Bi Cek = ibu, bibi, tante; bi cik (bibi kecik) = bibi kecil, panggilan untuk tante dalam keluarga besar yang paling kecil/ muda.
Contoh: Bi cek! nak kemano?
Arti: Bibi! Mau kemana?
• Budak = anak
Contoh: Budak Palembang emang cindo – cindo galo
Arti: Anak Palembang memang cantik-cantik semua.
• Buntang = bangkai
Contoh: Depan kelas kito ado buntang tikus
Arti: Di depan kelas kita ada bangkai tikus.
• Buyan = bodoh
Contoh: Makonyo belajar biar dak jadi buyan, adekku
Arti: Makanya belajar adikku, agar kamu tidak jadi bodoh
___________________________________________________________

[spoiler= C]
• Cak mano = bagaimana
Contoh: Cak mano ni? pacak dak lulus kito ni
Arti: Bagaimana ini? Bisa tidak lulus kita.
• Cak itula = ya “begitulah”
Contoh: Cak itula, basa nian kito
Arti: Begitulah, benar-benar dalam kesulitan kita.
• Calak = pintar, cerdik
Contoh: Oi calak nian kau e, wong ngaki kau bawak sepeda
Arti: Cerdik juga kamu ya, orang lain jalan kaki kamu bawa sepeda.
• Cemeke’an = pelit
Contoh: Cemeke’an nian, goceng be dak ngasi
Arti: Pelit sekali, mamberi lima ribu saja tidak mau.
• Cetuk = patuk
Contoh: Lakinyo mati dicetuk ulo
Arti: Suaminya meninggal dipatuk ular.
• Cotang = menebak nebak dalam soal pilihan
Contoh: Cotang 5 bener 4, hebat dak?
Arti: Sembarangan jawab lima soal, benar empat, hebat tidak?
• Cugak = kecewa
Contoh: Keno cugak be aku lantak dio
Arti: Saya kecewa karena dia.
• Cucung = cucu
Contoh: Woi cung, kalo kau ke Plaju, belike aku pempek
Arti: Cu, kalau kamu ke Plaju, belikan kakek/nenek pempek.
• Cindo = cantik
Contoh: Cindo nian tino tu, pacak peca utak aman jingokinnyo terus
Arti: Cantik sekali wanita itu, bisa gila kalau melihatnya terus.
• Cupu = pecundang
___________________________________________________________

[spoiler= D]
• Dak papo = tidak Apa-apa
Contoh: Dak papo la! cuman denget kok
Arti: Tidak apa-apa lah, cuma sebentar kok.
• Dak katek / katek = tidak ada (lebih tegas)
Contoh: Dak katek malu nian kau ni!
Arti: Tidak ada malu sekali kamu ini!
• Dak katek katek = tidak (membela diri)
Contoh: Aku pegi kesano? dak katek katek
Arti: Saya pergi kesana? Mana ada (tidak).
• Dak terti = tidak mengerti
Contoh: Dak terti aku pelajaran ni
Arti: Saya tidak mengerti pelajaran ini.
• Dewe’an = sendirian
Contoh: Pegi samo siapo kau? dewe’an be
Arti: Pergi sama siapa kamu kesana? Sendirian saja?
• Dulur = saudara
Contoh: Oi dulur! po kabar?
Arti: Saudara! Apa kabar?
• Doken = dulu
Contoh: Ai ngopi doken biar dak ngantok
Arti: Aduh, minum kopi dulu agar tidak mengantuk.
___________________________________________________________

[spoiler= E]
• Emak : ibu/mama
Contoh: Emek, ado yang ngolake aku
Arti: Mama, ada yang mempermainkan saya.
• Enjuk = beri
Contoh: Enjuk siapo la bunga ni ye?
Arti: Kasih siapa ya bunga ini?
• Ekar = kelereng
Contoh: Ekar aku hargonyo goban, kau punyo?
Arti: Kelereng saya harganya lima puluh ribu, punya kamu (harganya berapa)?
___________________________________________________________

[spoiler= G]
• Galak = mau, sering, suka
Contoh: Galak makan dak?
Contoh: Aku galak dengan kau
Contoh: Tu la, galak takok’an, keno batunyo kau sekarang
• Galar = lantai
Contoh: Kaparke bae mangkok tuh dipucuk galar
• Galo = semua
Contoh: Wong kito galo
• Gancang = cepat
Contoh: Gancang dikit kak, kagek telat aku ni sekolah
• Gedek = dinding / tembok
Contoh: Lukisan sikok itu tolong dipasang di gedek sebelah sano ye mang
• Geli geli = mudah
Contoh: Mak ini sih geli geli bae
• Geli geli basa = sangat mudah
Contoh: Pacak dak? Geli geli basa
• Geta basa = bokek, pelit
Contoh: Geta basa dio tu
• Goco = tonjok, tinju
Contoh: Ati – ati samo preman itu, kagek keno goco
• Gilo = gila
___________________________________________________________

[spoiler= I]
• Idak = tidak
Contoh: Idak galak makan dio dari kemaren
• Igo = terlalu
Contoh: Tula pelit igo! rasoke kau sekarang
• Iwak = ikan
Contoh: Iwak belido emang paleng mantep dibikin pempek
___________________________________________________________

[spoiler= J]
• Jabo = luar
Contoh: Tolong buangke sampah ni ke jabo ye
• Jago: Jaga
• Jingok = lihat
Contoh: Jingok – jingok kalo kakak aku dateng ye
• Jiron = tetangga
Contoh: Kenal dak kau samo jiron kau?
• Julak = dorong
Contoh: Kau dijulak siapo dek? ngapo pacak nyampak cak ini?
___________________________________________________________

[spoiler= K]
• Kacek = selisih
Contoh: Kacek dikit jugo, dak apo la
• Kacuk’an (tidak sopan)= berhubungan sex
Contoh: Jangan kacuk’an di luar nika ye, doso tu
• Kagek = nanti
Contoh: Nak pegi lum? kagekla
• Kambang = kolam
Contoh: Wow, kambang iwak makin cantik bae mak ini ari
• Kampang (tidak sopan) = tak punya ayah, anak haram
Contoh: Oi kampang! dak jingok wong lagi nyebrang!
• Kanji = genit
Contoh: Jingokla,betino itu kanji nian samo lanang
• Katek = tidak ada
Contoh: Kesian jingok dio, katek duit, katek rumah, katek kerjo
• Kecik = kecil
Contoh: Pempek telok kecik seporsi berapo?
• Kelaso = tikar, alas duduk / tidur
Contoh: Bentangkelah kelaso tuh, aba kau nih nak tiduk dulu
• Kempet = kempes
Contoh: Ai, ban mobil aku kempet pulok
• Kendak = kehendak
Contoh: Kendak aku ni cak ini, ngapola jadi cak itu?
• Ketek = perahu
Contoh: Turis tu lagi naek ketek nyebrang sunge musi
• Kito = kita
Contoh: Wong kito galo
• Kleker = kelakar
Contoh: Mang cek kau tu emang rajo kleker, ngehayal telalu tinggi
• Klepeh = dompet
Contoh: Supayo dak dimaling, pastike klepeh disimpen dengan aman
• Kocek = potong, kupas
Contoh: Diemlah, agek kukocek palak kau!
___________________________________________________________

[spoiler= L]
• La = sudah
Contoh: La selesai lum? Lamo nian.
• Ladeng = pisau
Contoh: Kau buang kemano ladeng bekas kau nujah tadi?
• Laju = ayo, akibatnya/jadinya
Contoh: Galak laju, dak galak sudah
Contoh: Lantak bebala laju keno marah budak tu
• Lajuke = urusi
Contoh: Aman kau galak, lajuke la
• Lanjak’i = mengerjakan, mengurusi
Contoh: Mumpung regonyo murah, lanjak’i la cek
• Lantak = gara-gara
Contoh: Lantak kau la, jd rusak komputer aku)
• Lemak = enak
Contoh: Makanan disini la dak lemak, mahal pulok
• Lihai = pintar
Contoh: Lihai nian dio matematika, les dimano ye dio?
• Lokak = kerjaan, masalah
Contoh: Kalo ado lokak, kabari bae aku ye mang
• Lolo = bodoh
Contoh: Belajarla yang rajin, galak apo jadi lolo?
• Lum = belum
Contoh: Sudah lum?
___________________________________________________________

[spoiler= M]
• Madak’i = “masa sih”?
Contoh: Mada’i kito kalah?, perasaan la lemak tekwan kito ni
• Mak ini ari = hari “gini”
Contoh: Mak ini ari, mase ado bae wong yang galak maleng ayam
• Mang Cek = bapak, paman
Contoh: Di rumah mang cek aku ado kebon rambutan
• Melok = ikut
Contoh: Aku nak ke Kandang Kawat, melok dak?
• Mekek-Mekek = berteriak
Contoh: Oi cek, apo dio la dari tadi mekek-mekek!
• Mekot, milu = ikut
Contoh: Mekot oi ke PS, la bosen aku ke PTC
• Menujah = menusuk
Contoh: Rai kau ni mirip yang nujah adek aku
• Mengot = lengkung
Contoh: Mistar ni pacak mengot pulok
• Meseng (tidak sopan) = buang air besar
Contoh: Budak tu galak meseng di celano aman aku kejutke
• Metu = keluar
Contoh: Dio tu dak pernah metu dari kamar sejak diputusi ceweknyo
• Merep = mirip, menyerupai
Contoh: Rai nyo Merep wong ini
• Minta alem = manja, “carmuk”
Contoh: Minta alem nian dio ni
• Mentek, mengkek = “belagu”, banyak gaya
Contoh: Mengkek nian budak tu!
___________________________________________________________

[spoiler= N]
• Nak = mau
Contoh: Diemla! nak keno marah guru kau?
• Ngampok = pamer
Contoh: Dak usah ngampok kau! jingok dulu na gambar aku
• Ngatoke = mengatakan
Contoh: Walikota ngatoke kalo dio bakal gusur semua pedagang kaki limo tanpa ampun
• Ngolake = menipu
Contoh: Koko kau tu galak ngolake, ngomong jual ayam bangkok taunyo ayam kampung
• Ngota’i = membohongi
Contoh: Ae kau ni ngota’i aku dari dulu, putus be kito
• Nian = benar
Contoh: Kau cantik nian malem ni
• Nianan = “beneran”
Contoh: Nianan oi! pesta pesta kito malem ni
• Ngibak’i = peduli amat
Contoh: Ngibak’i kau la, emang kau siapo
• Ngigik = lucu, ada-ada aja
Contoh: Ngigik nian wong yang bikin kamus ni
• Ngenyek = mengejek
Contoh: Pak itu emang galak ngenyek, kesel jugo lamo lamo
• Nyampak = jatuh
Contoh: Ajaib, la nyampak dari lante 30 masi pacak idup
• Nyenyes = tidak bisa menjaga rahasia, “mulut ember”
Contoh: Aku dak seneng dengan wong nyenyes cak dio
• Ngagok’i = menanggapi
Contoh : Berentilah ngagok’i nyo,gek dio nangis
___________________________________________________________

[spoiler= O]
• Oncak = jagoan
Contoh: Pakela oncak kau, tetep tula aku yg menang pasti
• Oplet = angkot
Contoh: Kalo oplet warno merah stop dimano ye?
• Orang Rumah = istri
___________________________________________________________

[spoiler= P]
• Pacak = bisa
Contoh: Pacak gilo jugo aku kalo cak ini terus
• Palak = kepala
Contoh: Pening palak aku jingok kelakuan dio
• Panto = cuma
Contoh: Panto itu be dak pacak, makmano kau ni?
• Pasak = pasar
Contoh: Pasak Plaju la canggih sekarang, nyaman men nak blanjo
• Payo = ayo
Contoh: Ke PIM dak? payo!
• Pecak = seperti
Contoh: Badan pecak gorila cak tu, kalahla dio
• Pecik = menembak
Contoh: Ae cupu ni, pecik ekar be dak pacak
• Peh la = yuk
Contoh: Maen dak? peh la
• Penesan = bercanda
Contoh: Jangan langsung tujah2an oi, cuma penesan dio tu
• Pilat (tidak sopan) = Kata kasar, arti: orang yang bibirnya ada bekas operasi(?)
Contoh: Pilat ni! bawa mobil tu beneran dikit!
• Pocok = atas
Contoh: Dio lagi di pocok, beneri atep
• Prei = libur
Contoh: Kapan prei?
• punyo = punya
___________________________________________________________

[spoiler= R]
• Rai = muka, tampang
Contoh: Rai kau make apo? maken cantik bae kw bik
• Ringam = benci
Contoh: Ringam nian jadi wong tu!
• Rese = habis
Contoh: Ai rese makanan ini
___________________________________________________________

[spoiler= S]
• Sanjo = bertamu
Contoh: Kagek sincia sanjo ke tempat aku ye, banyak makanan la
• Sangkek = keranjang, bungkusan berisi makanan yang dibagikan waktu ultah anak kecil
Contoh: La dapet sangkek lum kau?
• Saro = sulit
Contoh: Kalo cak ini saro! jadinyo cak mano? cari dulu turunannyo
• Sapo = siapa
Contoh: Sapo bae yang ranking, dapet voucher les gratis disano
• Semekuk = berbentuk
Contoh: Dak semekuk nian gambar kau, budak TK be lebih lihai
• Sepur = kereta
Contoh: Ado wong dilindas sepur malem tadi
• Sike = pelit
Contoh: Dak usah sike la, awak kayo
• Sius = serius
Contoh: Siusan oi? mak mano nian ceritonyo?
• Sikok = satu
Contoh: Bagi sikok wong sikok, jangan banyakan
• Singit = sembunyi
Contoh: Maleng tu singitan di wc rumah aku
• Siru = heboh
Contoh: Dak usah siru! mano buktinyo?
• Sedenget = sebentar
Contoh: Sedenget be, dak lemakkan aku kalo dak ke rumah dio
• Sekewet = curang
Contoh: Ketauan ye kau galak maen sekewet
• Sokor = “sukurin”
Contoh: Sokor! makonyo latihan dulu men nak tanding tu
___________________________________________________________

[spoiler= T]
• Tako’an = sombong
Contoh: Wong tako’an cak dio emang harus dibasmi
• Tebudi = tertipu
Contoh: Dak tau aku ini palsu, tebudi aku oleh dio
• Tedok = tidur
Contoh: Tedok tu jangan malem malem
• Tek aguk = tidak ada kerjaan (tidak digunakan terpisah)
Contoh: Tek aguk nian dio, nyoret nyoret papan
• Terajang = hantam
Contoh: Na, nyengir nyengir, terajang gek kau!
• Tetak = potong
Contoh: Tetak palak aku kalo kau dapet cepek
• Tino = betina/perempuan
Contoh: Budak tino itu begawe di PS
• Tangani = selesaikan, hajar, pukul
Contoh: Dak usah macem macem, tangani gek kau!
• Tula = itulah
Contoh: Tula! la ku ngomongi caronyo tu mak ini, dak cayo kau
• Tujah = menusuk
Contoh: Ne, kau. Ngapo nyingok-nyingok, kagek ku tujah
___________________________________________________________

[spoiler= U]
• Ucak-ucak = main-main, tidak serius
Contoh: Ae SFC ni maennyo ucak ucak sekarang
• Uji = kata
Contoh: Uji dio kalo pacak gawe ke soal ni, nak dienjok cepek ceng kito
• Umep = panas / masak / mendidih
Contoh: Bik, banyu tuh lah umep, angkatlah
• Untal = lempar
Contoh: Untal tu bener dikit, nyangkut ke atep gek
• Ulo = ular
Contoh: Ampir be aku ninjek ulo di sawah
___________________________________________________________

[spoiler= W]
• Wong = orang
Contoh: Wong kito galo, wong Palembang
___________________________________________________________

[spoiler= Y]
• Yasi = sah
Contoh: Dak yasi pemilu tu, banyak maen calak dio
___________________________________________________________

[spoiler= Perubahan vokal]
Beberapa kata dalam bahasa Palembang yang sama dengan Bahasa Indonesia, hanya berubah vokal akhirnya:
• Ado = ada
• Apo = apa
• Biaso = biasa
• Biso = bisa
• Dio = dia
• Dimano = di mana
• Disano = di sana
• Iyo = iya
• Jawo = Jawa
• Jugo = juga
• Kemano = ke mana
• Kato = kata
• Ketawo = tertawa
• Kito = kita
• Mano = mana
• Ngapo = mengapa
• Pulo = pula
___________________________________________________________

Sumber: Jarumbeasiswaplus

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Mengenal Bahasa Lampung

Sat Oct 7 , 2017
Aksara Lampung (https://rajobasolamo.blogspot.co.id) Bahasa lampung sendiri memiliki 2 dialek yang biasa di gunakan yaitu dialek API dan dialek NYOW dan tulisan lampung biasa di sebut AKSARA LAMPUNG. Seiring dengan arus modernisasi yang semakin gencar bahasa lampungpun ikut terjadi pergeseran,oleh karena itu banyak pula bahasa lampung sudah seperti bahasa melayu atau […]