Masjid Sa’adah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Masjid Sa’adah terletak di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Sejarah

Masjid Sa’adah (https://padang.tribunnews.com)

Masjid Sa’adah mulai dibangun pada tanggal 1 Januari 1910 dan mulai dipakai sebagai tempat ibadah pada tanggal 1 Januari 1917. Masjid ini dibangun oleh Dt. Intan, seorang tokoh yang cukup kaya di Nagari Gurun pada waktu itu. Tukang Masjid Saa’dah dan Masjid Rao-Rao sama orangnya, sehingga arsitektur Masjid Sa’adah dan Rao-Rao pun hampir mirip.

Masjid Sa’adah (https://www.flickr.com)

Diskripsi Bangunan

Tampak samping Masjid Sa’adah

Bangunan utama masjid berdenah bujursangkar. Bahan bangunan masjid seluruhnya terbuat dari beton. Atap masjid berbentuk atap tumpang bersusun lima yang melambangkan 5 suku di Nagari Gurun, yaitu Bendang, Koto Anti, Piliang, Koto, dan Patapa.

Tampak muka Masjid Sa’adah

Tiang dan Lantai

Tiang Utama Masjid Sa’adah

Pada bagian dalam masjid terdapat 4 tiang, yang menurut penjaga masjid, tidak memakai besi sebagai penyangga, tetapi menggunakan bambu sebagai penyangganya. Pintu masuk pada masjid ini sebanyak 2 buah dengan jendela berjumlah 6 buah.

Mihrab Masjid Sa’adah

Lantai pada bangunan utama masjid masih berupa lantai semen biasa, sedangkan lantai bagian luar/teras sudah diganti dengan lantai keramik berwarna putih. Pada bagian samping kiri masjid terdapat bangunan yang berfungsi sebagai tempat mengambil air wudhu. Bagian menara masjid memakai gonjong yang berjumlah 4 buah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Al-Imam Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat

Tue Jul 7 , 2015
Masjid Al-Imam (https://ulama-minang.blogspot.com) Masjid Al-Imam terletak di Nagari Kambang, Kecamatan Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Sejarah Menurut informasi masyarakat setempat, Masjid Al-Imam mulai dibangun pada tahun 1924. Bangunan masjid ini dibangun bersamaan dengan kelahiran dan perkembangan Kenagarian Kambang. Arsitektur Arsitektur dan komponen bangunannya banyak mengandung nilai-nilai falsafah dan […]