Masjid Pakuncen Adiwerna Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Masjid Jami Pekuncen (http://pesareanpekuncen.blogspot.com)

Masjid Jami Pekuncen yang terletak di daerah Tegal Arum, Kecamatan Adiwerna, merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Tegal, peninggalan kerajaan Mataram Islam.

Masjid Pekuncen merupakan peninggalan Syekh Samsudin yang merupakan guru spiritual Sunan Amangkurat I. Beliau adalah raja dari Kerajaan Mataran pada abad ke-16 Masehi. Setelah wafat, KH Samsudin atau Syekh Samsudin dimakamkan di belakang masjid Pekuncen,

Masjid Jami’ Pekuncen berhadapan langsung dengan Halaman Madrasah Assalafiyah Pekuncen (http://pesareanpekuncen.blogspot.com)

Arsitektur

Ciri khas desain arsitektur masjid kuno ini di bagian atap gentengnya yang beda dengan masjid kuno yang lainya. Atap masjid dibuat dari bahan sirap, berupa potongan kayu jati yang tersusun rapih dan kuat, sehingga membentuk atap bangunan yang artistik khas kerajaan Islam zaman dahulu.

Hingga saat ini kubah masjid, bedug, dan mimbar masih asli sejak tempat itu dibangun sedangkan hampir seluruh bagian lainnya telah adalah hasil pemugaran.

Berdasarkan catatan sejarah, sunan Amangkurat I dilahirkan di Mataram tahun 1646 dan meninggal dunia pada tahun 1677 masehi. Di antara tahun itulah sunan Amagkurat mendirikan Masjid Pekuncen, dan sunan Amangkurat I juga dikebumikan di areal wisata religi di dekat masjid tetapi sedikit jauh dari makam gurunya.

Pemugaran dan Perawatan

Karena perkembangan zaman, maka kondisi masjid pun perlu direnovasi. Dan hal itu dilakukan hingga tiga kali, yang terakhir yalkni pada tahun 2009. Renovasi dilakukan tanpa meninggalkan cirri khas era kerajaan Mataram Islam.

Untuk merawat Masjid Pekuncen, pemerintah melalui Dinas Purbakala Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pariwisata Jawa Tengah bekerjasama dengan kesunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta dan dua putra kesultanan Yogyakarta,ikut turun tangan.

Sumber: nu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Kalisoka Dukuhwaru Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Wed Apr 14 , 2021
Masjid Kalisoka (https://quran.laduni.id) Masjid Kalisoka atau disebut dengan nama Masjid Kasepuhan Pangeran Purbaya yang terletak di Jalan Anggawana, Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejarah Menara Masjid Kalisoka (https://news.detik.com) Ada seorang tokoh bernama Ki Gede Sebayu yang diyakini sebagai pendiri Tegal. Alkisah, dia pernah mengeluarkan tantangan untuk merobohkan […]